Menghilangkan Bau amis Rumput laut

| 23/09/2014 | 0 Comments

Cara Membersihkan Dan Menghilangkan Bau amis Rumput laut

Mengolah rumput laut menjadi produk olahan makanan ternyata gampang-gampang susah. Diperlukan cara khusus untuk menghilangkan bau amis rumput laut yang sangat menyengat hidung.  Bahan-bahan untuk menghilangkan amis pada rumput laut haruslah bahan yang aromanya lebih kuat dari bau amis rumput laut tersebut.

Cara Membersihkan Rumput Laut Sebelum di Olah

Sebelum di olah menjadi makanan dan minuman, rumput laut harus terlebih dahulu di bersihkan dari kotoran-kotoran yang menempel. Berikut ini adalah cara membersihkan rumput laut :

  • Bersihkan kotoran yang menempel pada rumput laut dengan air tawar
  • Setelah bersih rendam rumput laut di air tawar, hingga seluruh bagian rumput laut terendam sempurna rendam hingga 3 hari dan setiap 12 jam sekali air harus di ganti.
  • Tunggu sampai warna rumput laut menjadi putih, biasanya perendaman rumput laut selama 3 hari dapat menambah berat rumput laut hingga 6 kali berat rumput laut saat kering ini terjadi karena rumput laut menyerap air.
  • Agar rumput laut higienis dan bebas kuman rendam kembali rumput laut dengan kapur sirih dan tawas

Cara menghilangkan bau amis rumput laut bisa menggunakan campuran jeruk nipis, tepung beras dan kapur sirih.

Setelah rumput laut dibersihkan sampai benar-benar hilang semua kotorannya, kemudian rendam lagi rumput laut dengan campuran air, jeruk nipis, tepung beras dan kapur sirih selama semalam  ini bertujuan agar bau amis rumput laut hilang.

Rumput laut bisa dijadikan berbagai macam makanan olahan selain sebagai agar-agar, yaitu bisa juga untuk bahan dasar membuat mi. Mi rumput laut kaya akan kandungan serat dan gizi tinggi juga omega, yodium dan kalsium yang sangat baik untuk mempercepat penyembuhan luka.

Karena kandungan gizi nya yang tinggi, pengolahan rumput laut haruslah benar jangan sampai kandungan gizi rumput laut hilang. Rumput laut sangat bermanfaat terutama bagi anak-anak untuk menunjang pertumbuhan dan kesehatan saraf.

Prof. Dr. Ahmad Sulaeman, Phd seorang pakar gizi yang di kutip dari wolipop.com mengatakan mengkonsumsi rumput laut yang bagus adalah rumput laut segar dijadikan salad atau dibuat manisan sehingga gizi rumput masih utuh terjaga.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags:

Category: Kuliner

Leave a Reply