Mengikir gigi Menurut islam

| 31/10/2014 | 2 Comments

Mengikir gigi menurut islam Trend Budaya barat

Agama Islam sudah mengatur hal-hal yang berhubungan dengan kemaslahatan umatnya, termasuk dalam hal mengikir atau mengasah gigi. Bagaimana hukum mengikir gigi menurut islam? Agar tidak salah dalam mengambil keputusan, hendaklah kita selalu berpedoman dengan Al-quran dan sunnah Rasul karena dengan berpedoman kepada keduanya insyaallah hidup penuh keberkahan.

Topik ini sangat menarik mengingat saat ini banyak wanita-wanita yang ingin tampil lebih cantik dengan mengasah atau mengikir gigi bahkan sedang menjadi trend di kalangan remaja. Jika anda bukan muslim tidak ada masalah untuk mengikir gigi, tetapi jika anda muslim sebaiknya simak penjelasan berkut ini bagaimana Pandangan Islam tentang hal ini.

Mengikir gigi menurut islam Bagaimana Hukumnya?

Mengikir gigi yaitu usaha merapikan serta memendekkan gigi, agar gigi menjadi rata dengan tujuan tertentu. Pada umumnya banyak di lakukan oleh perempuan dengan tujuan agar tampil lebih cantik dan menarik. Perbuatan ini dianggap sebagai penipuan yang memperlihatkan kekerdilan umat manusia, mengikir gigi merupakan usaha untk merubah ciptaan ALLAH SWT ini adalah pekerjaan sia-sia membuang-buang waktu dan tidak bermanfaat.

Rasulullah dengan tegas melaknat wanita-wanita yang minta di kikir giginya dan profesi sebagai tukang kikir gigi. Mengikir gigi hukumnya Haram hal ini berdasarkan sabda Nabi Muhammad SAW berikut ini :

hadis hukum mengikir gigi1

Hadis hukum mengikir gigi

Bagi wanita-wanita muslim di haramkan mengikir gigi atau mengasah gigi dengan tujuan supaya kelihatan lebih cantik. Namun jika hal tersebut dilakukan karena ketidaknyamanan menurut Syaikh Shalih bin Fauzan Al-Fauzan yang di kutip dari http://almanhaj.or.id/ Hal tersebut di bolehkan dengan tujuan pengobatan yang di lakukan oleh dokter spesialis gigi

hukum mengikir gigi dalam islam hadis2

Hukum mengikir gigi dalam islam hadis

Dari pendapat diatas, dapat ditafsirkan megikir dan mengubah gigi dengan tujuan pengobatan di bolehkan dengan beberapa kondisi yaitu tumbuhnya suatu gigi menyusahkan waktu makan, merusak atau mengganggu penampilan dan terdapat kelainan sehingga memerlukan perlakuan serta pengobatan khusus dari dokter.

Namun jika tujuan mengikir gigi semata-mata untuk menambah kecantikan penampilan, maka hukumnya adalah haram karena perbuatan tersebut sudah termasuk merubah ciptaan ALLAH SWT. Sungguh indah Islam mengatur hal ini, semata-mata demi keselamatan umat muslim itu sendiri.

Sesungguhnya ALLAH sangat membenci perbuatan yang berlebihan termasuk dalam berhias, memasang kawat gigi dan mengikir gigi.

Mengikir gigi menurut islam Dan Trend Budaya

Semakin majunya teknologi dalam bidang kecantikan, membuat sebagian orang begitu berhasrat merubah penampilan dengan melakukan cara-cara instan dengan melakukan operasi kecantikan meniruskan wajah, menaikkan bokong supaya terlihat lebih seksi, menyuntik payudara dengan silikon sesungguhnya perbuatan-perbuatan tersebut di laknat ALLAH SWT dan rasul-Nya.

Operasi Kecantikan dengan merubah sebagian atau keseluruhan organ tubuh termasuk tindakan penipuan, merusak dan menyiksa tubuh, pamer (Ria) yang sesungguhnya kecantikan dan kemuliaan hati (rohani) lebih utama daripada sekedar mementingkan kecantikan jasmani duniawi.

Semoga artikel tentang mengikir gigi menurut islam bermanfaat untuk pengunjung blog ini, serta menambah wawasan bagi kita semua agar kita selalu dalam lindungan dan pertolongan ALLAH SWT. Sebagai umat muslim sudah seharusnya kita berpedoman pada Al-quran dan sunah rasul dalam memecahkan permasalahan kita sehari-hari.

Sesungguh telah terdapat tuntunan dalam Al-Quran dan hadis segala hal untuk menyelesaikan perkara-perkara umat tergantung kita sebagai umat muslim mau atau tidak mengamalkannya sehingga segala urusan di mudahkan dan di beri jalan keluar yang terbaik.

Semoga kita selalu dalam lindungan dan rahmat ALLAH SWT, amin..amin..amin.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags: , ,

Category: Opini

Leave a Reply