Mengobati Luka Bakar Knalpot pada Anak

| 26/11/2014 | 2 Comments

Cara Mengobati Luka Bakar Knalpot pada Anak Dengan Benar

Anda sebagai orang tua harus tahu cara mengobati luka bakar knalpot pada anak. Pasalnya, hal itu untuk berjaga-jaga dan antisipasi agar luka yang dialami oleh anak kecil tidak sampai menjadi kebih parah dan mengalami hal-hal yang tidak diinginkan. Anak-anak kecil seumuran balita atau 6 hingga 7 tahun masih dalam masa pertumbuhan fisik dan mentalnya. Oleh karena itu, mereka sangat suka bermain dengan apapun yang ada di sekelilingnya.

Para orang tua harus selalu menjaga anak-anak mereka karena tidak menutup kemungkinan yang ada di sekeliling mereka itu sangat membahayakan. Sebagai contoh, kendaraan bermotor seperti sepeda motor yang knalpotnya sangat panas jika kondisinya baru saja dikendarai. Anak-anak kecil yang belum mengetahuinya pasti sangat ingin mendekati bahkan bermain dengan benda seperti itu. Jika dibiarkan saja, anak tersebut dapat memegang knalpot tersebut, sehingga menyebabkan luka bakar. Oleh karena itu, Anda harus selalu berhati-hati untuk meletakkan sepeda motor.

Mengobati Luka Bakar Knalpot pada Anak Dengan Bahan-bahan Alami

Jangan pernah didekatkan pada anak kecil. Namun, jika sudah terlanjur mengalami luka bakar, Anda harus melakukan langkah-langkah pengobatan yang benar. Untuk lebih jelasnya, perhatikan tulisan cara mengobati luka bakar knalpot di bawah ini.

Mengoleskan putih telur

Putih telur dapat menghilangkan rasa panas akibat terkena knalpot sepeda motor. Anda cukup mengoleskan putih telur pada bagian kulit yang mengalami luka bakar dan biarkan hingga mengering. Oleskan berulang kali agar rasa panas dan nyeri pada kulit anak Anda menghilang.

Menempelkan es batu

Dengan menempelkan es batu pada bagian yang mengalami luka bakar dapat mengurangi pembengkakan dan rasa sakit akibat luka bakar.

Memakai tomat

Tomat merupakan salah satu sayuran yang dapat Anda pakai untuk mengobati luka bakar akibat terkena knalpot sepeda motor. Potong tomat tipis-tipis, lalu tempelkan di atas bagian yang mengalami luka bakar hingga mengering. Ulangi berulang kali hingga sembuh luka bakar tersebut.

Mengoleskan pasta gigi

Pasta gigi dapat Anda pakai sebagai cara mengobati luka bakar knalpot pada anak, yaitu berfungsi untuk meredam rasa sakit dan panas untuk luka bakar ringan, seperti terkena knalpot sepeda motor. Anda cukup mengoleskan pada bagian kulit yang mengalami luka bakar dan biarkan mengering. Ulangi langkah itu 2 hingga 3 kali hingga luka bakar sembuh.

 

Mengoleskan parutan kunyit

Cara mengobati luka bakar knalpot  dapat menggunakan kunyit. Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang mudah didapatkan di pasar tradisional atau supermarket. Kunyit juga dapat bermanfaat untuk menyerap rasa sakit akibat luka bakar. Parut kunyit  hingga halus, lalu tempelkan pada bagian kulit yang mengalami luka bakar. Bila sudah mengering bilas kunyir tersebut, lalu oleskan kembali hingga luka bakar sembuh.

 

Memakai lidah buaya

Tanaman yang satu ini sudah terkenal karena khasiatnya yang dapat menyembuhkan luka di bagian kulit dan meredakan rasa sakit. Lidah buaya juga dapat bermanfaat untuk meredakan rasa sakit, panas, dan nyeri setelah terkena knalpot sepeda motor. Oleskan daging buah lidah buaya pada bagian kulit yang terbakar hingga mengering. Oleskan berulang kali hingga luka bakar sembuh.

Itulah beberapa cara mengobati luka bakar knalpot pada anak. Beberapa bahan dan tumbuhan alami dan bersifat herbal dapat Anda gunakan untuk menyembuhkan luka bakar ringan yang dialami anak Anda. Satu hal yang terpenting, yaitu Anda jangan cepat panik saat mengetahui anak Anda mengalami luka bakar. Bersikaplah tenang dan segera melakukan pertolongan pertama pada anak Anda. Jika luka bakar yanng dialami cukup parah, sebaiknya segera bawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan yang intensif.

Tags: , , ,

Category: Parenting

Leave a Reply