Menurunkan Berat Badan Anak

| 19/12/2014 | 0 Comments

Cara Efektif Menurunkan Berat Badan Anak

Menurunkan berat badan anak yang berlebihan memang sangat diperlukan karena jika anak mengalami obesitas tentu saja akan sangat tidak baik untuk kesehatannya. Obesitas sendiri memang banyak dialami oleh masyarakat, begitupun dengan anak – anak, oleh karena itu obesiatas pada anak sebaiknya harus segera diatasi dengan baik karena resiko yang ditimbulkan oleh obesitas sendiri cukup berbahaya, seperti diabetes, tekanan darah tinggi sampai dengan jantung.

Selain berpengaruh terhadap fisik juga sangat berpengaruh pada psikologis. Pada dasarnya obesitas disebabkan oleh beberapa hal dan yang paling menonjol adalah karena pola hidup yang tidak sehat seperti tidur tidak teratur, terlalu banyak menkonsumsi junk food, minuman berkalori, tidak berolahraga dan yang lainnya. Oleh karena itu obesitas pada anak memang harus segera dicegah agar nantinya tidak menimbulkan resiko seperti yang sudah dijelaskan tersebut. Untuk mencegah obesitas dan juga mengajak anak untuk hidup sehat memang cukup sulit karena anak – anak belum mengerti apa resiko yang ditimbulkan dari tidak menjaga pola hidup sehat.

Meskipun untuk mengajak anak agar bisa menjalankan pola hidup sehat dan menurunkan berat badannya cukup sulit, namun Anda bisa mencoba cara yang potensial.

Adapun beberapa cara yang cukup efektif untuk menurunkan berat badan anak sendiri adalah sebagai berikut:

1.Cara yang pertama adalah dengan melakukan manajemen diet, Anda bisa menambahkan beberapa menu makanan sehat seperti sayuran dan buah – buahan. Biasanya anak kurang suka dengan buah maupun sayuran, oleh karena itu Anda bisa membuat beberapa variasi yang menarik agar nantinya anak suka dengan menu makanan sehat tersebut.

2.Kemudian yang kedua adalah memberikan kebebasan untuk anak, sesekali Anda bisa membiarkan anak untuk memilih makanan yang disuka, karena jika diharuskan untuk menuruti permintaan Anda, anak akan merasa tidak baik sehingga akan menimbulkan resiko obesitas itu sendiri.

3.Lalu yang ketiga dan cukup penting adalah memberikan contoh kepada anak, orang tua tentu saja menjadi panutan anaknya, oleh karena itu Anda bisa memberikan contoh kebiasaan yang baik. Dengan demikian anak akan mengerti dengan sendirinya dan mengikuti Anda, lakukan saja beberapa hal seperti makan makanan bergizi, berolahraga, banyak minum air putih, mengurangi makanan ringan, makanan siap saji dan yang lainnya.

Ketahui Penyebab Obesitas pada Anak dan Cara Mengatasinya

Jangan anggap sepele obesitas pada anak, karena kecenderungan obesitas ini akan terus terbawa hingga anak dewasa kelak. Terkadang orang tua senang melihat anaknya terlihat gendut dan montok, mereka beranggapan anak mereka sehat dan lucu tetapi jika sudah sangat obesitas bisa berbahaya.

Faktor genetis atau keturunan merupakan pemicu utama anak obesitas, terutama jika orang tuanya mengidap diabetes. Selain itu pola makan, istirahat dan aktifitas fisik anak juga berpengaruh. Makanan yang menyebabkan obesitas bisa berasal dari coklat dan permen, minuman manis, junkfood, kue-kue cemilan yang manis, kacang-kacangan dan keju.

Usaha Menurunkan berat badan anak bukanlah perkara yang mudah, karena mereka sulit disiplin dan mengendalikan hasrat makan seperti halnya kita orang dewasa. Mencegah lebih baik dari mengobati bukan? Berikut tips mencegah agar anak tidak obesitas:

  • Biasakan minum jus dari buah asli setiap hari dan jangan melebihi 180 ml setiap hari
  • Jika balita anda merengek karena masih lapar, berikan buah-buahan dan sayur yang kaya serat
  • Buat jadwal makan secara teratur misalnya untuk makan besar 3x sehari dan makan cemilan 2x dalam sehari

Selalu biasakan ia memiliki aktifitas fisik serta istrirahat yang cukup, semoga bermanfaat.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags: , , , , , , ,

Category: Parenting

Leave a Reply