Menurunkan Berat badan Ketika Puasa Ramadhan

| 31/12/2014 | 1 Comment

Mau Menurunkan Berat badan Ketika Puasa? Why Not

 

Selain sebagai ajang berlomba-lomba mendapatkan pahala, menjadikan bulan Ramadhan untuk menurunkan berat badan ketika puasa adalah hal sah-sah saja dilakukan. Ini karena bulan Ramadhan adalah bulan dimana umat muslim seluruh dunia melakukan puasa dimulai ketika subuh hingga matahari terbenam atau saat maghrib. Konsumsi karbohidrat yang dibatasi selama bulan Ramadhan ini membuat asupan kalori juga berkurang.

Meski asupan kalori berkurang, namun aktifitas kerja kita tetap berjalan seperti biasa sehingga berat badan kita biasanya akan berkurang saat menjalakan puasa. Namun hal ini tidak akan berjalan sesuai dengan yang kita inginkan jika kita menjalankan puasa dengan tidak sempurna. Sempurna disini berarti benar sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh agama Islam.

Awali dengan Menu Berbuka Puasa yang sehat

Puasa secara sempurna biasanya kita lakukan dengan dimulai berniat puasa. Selama kita tidak makan dan minum, kita juga diperintahkan menjaga perbuatan selalu tetap baik dan positif sehingga puasa kita sempurna. Dan yang tidak kalah penting dalam menjaga kesempurnaan puasa adalah berbuka. Kebiasaan berbuka yang buruk adalah sumber bencana tidak hanya bagi kesehatan namun juga bagi berat badan kita.

Jaga Porsi makan

Jalani buka puasa seideal mungkin sama halnya dengan saat kita makan sehari-hari. Artinya tidak berlebihan karena kita sudah menahan lapar selama sekian jam. Porsi juga harus tetap dijaga dan tidak berlebihan sehingga program menurunkan berat badan ketika puasa dapat terwujud.

Sebaiknya dahului berbuka dengan mengkonsumsi kurma karena kurma adalah sumber glukosa paling baik untuk tubuh. Dengan mengkonsumsi kurma gula darah kita akan kembali normal dengan cepat. sehingga kita tidak lagi lemas dan diselimuti rasa lapar yang berlebihan. Kurma akan mencegah nafsu makan kita normal dan tidak berlebihan. Jangan lupa untuk mengkonsumsi air. Karena air adalah kunci menurunkan berat badan saat berpuasa.

Minum air putih

Konsumsi air dengan cukup yakni dua gelas saat berbuka puasa, empat gelas setelah berbuka puasa sampai menjelang sahur, dan juga dua gelas saat sahur. Air yang cukup akan membuat perut kita terjaga dari lapar saat berpuasa dan menguras racun dalam tubuh . Sehingga saat berbuka kita tidak lagi memiliki rasa lapar berlebihan yang mendorong nafsu makan juga berlebihan. Nafsu makan yang terjaga adalah kunci dari menurunkan berat badan dengan puasa.

Penuhi Asupan nutrisi Tubuh saat Berbuka Puasa

Sewaktu kita berpuasa dari pagi hingga menjelang berbuka puasa, secara otomatis metabolisme tubuh kita jadi melambat. Tubuh kita memerlukan energi lebih untuk beraktifitas. Saat kita berbuka puasa awali dengan minum air putih dengan camilan ringan buah kurma bisa menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan kalori terutama gula dalam tubuh.

Setelah itu barulah di teruskan dengan makan  utama, seperti nasi, sayur sup,  atau pun salad yang anda sukai. Sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi, gorengan serta minuman bersoda.

 

Jangan Lupa Sahur

Agar tidak merasa lapar yan berlebihan saat di siang hari, sebaiknya tidak pernah melewatkan makan sahur. Makan Sahur juga menghindari rasa lapar dan makan berlebihan saat berbuka puasa. Karena makan berlebihan saat berbukan akan menggagalkan program menurunkan berat badan ketika puasa dan saat anda sahur hindari juga garam, santan, dan gorengan. Lebih baik dengan roti gandum dan makanan berprotein karena akan membuat rasa kenyang yang lebih lama.

Saat Berpuasa janganlah bermalas-malasan, lakukan aktifitas dengan wajar terutama tetap rutin berolahraga.

Tags: ,

Category: Tips Diet Sehat

Leave a Reply