kapan ngidam pada usia kehamilan berapa bulan mulai dirasakan

| 08/01/2018

Ibu Hamil ngidam pada usia kehamilan berapa bulan yang Normal?

ngidam pada usia kehamilan berapa bulan

Ayodetox.net– Sebenarnya ngidam pada usia kehamilan berapa bulan mulai dirasakan? banyak ibu hamil yang mulai merasakannya saat usia kehamilan memasuki usia 14 hari. Mual , muntah dan pusing itulah yang di rasakan para wanita yang sedang ngidam. Kondisi seperti ini umumnya berlangsung selama 3 bulan pertama masa kehamilan tentu saja sangat menyiksa dan tidak nyaman sehingga ibu hamil ingin cepat terbebas dari kondisi seperti ini.

Ngidam atau morning sickness adalah gejala yang normal terjadi pada ibu hamil biasanya di sertai keinginan untuk mengkonsumsi makanan tertentu dan tidak biasa di makan atau melakukan hal-hal yang tidak lazim. Misalnya tiba-tiba tengah malam ingin makan bakso , makan rujak ada juga yang ingin di gendong suami dan masih banyak hal-hal aneh lainnya.

Ngidam makanan tertentu saat hamil di sebabkan meningkatnya hormon pada saat kehamilan misalnya hormon progesteron. Naik nya kadar hormon mengakibatkan perubahan metabolisme tubuh pada organ pencernaan serta bertambahnya produksi air liur.

Apakah Ngidam Harus selalu di penuhi?

Banyak yang mengatakan jika keinginan saat ngidam tidak terpenuhi maka akan menimbulkan efek negatif pada si janin atau istilah umumnya ngecess atau si anak nantinya keluar air liur terus menerus. Menurut dokter Ngidam tidak ada kaitannya dengan kebiasaan bayi jadi itu hanya mitos ya bunda.

Jika ibu hamil ngidam makanan , perlu di perhatikan juga jenis makanan yang di konsumsi. Jika makanan manis perlu di batasi karena dapat menyebabkan naiknya berat badan atau obesitas saat hamil.

Ngidam psikologis

Ada beberapa ibu hamil saat tengah malam merengek pada suaminya untuk di carikan mangga muda , di beliin seblak , minta di gendong , dll. Sebenarnya sah-sah saja keinginan seperti itu di turuti selama tidak merepotkan dan masih bisa di penuhi. Namun keinginan itu merupakan efek psikologis yang berhubungan dengan rasa nyaman. Ibu hamil akan merasa bahagia dan nyaman jika setiap keinginannya di penuhi suami tercinta.

Ngidam psikologis seperti ini bisa di siasati dengan mengalihkan perhatian ke hal lain. Misalnya menonton televisi , merajut , memasak atau melakukan hobi menyenangkan lainnya.

ngidam pada usia kehamilan berapa bulan Mulai Hilang?

Pada umumnya ngidam dan morning sicknes di alami ibu hamil pada usia kehamilan 3 bulan pertama. Namun tidak semua wanita hamil mengalaminya, bahkan ada yang mengalami hingga trimester kedua usia kehamilan. Jika anda mengalami kondisi ini segeralah konsultasikan dengan dokter kandungan anda.

Cara mengatasi mual dan muntah saat hamil

Jika ibu hamil mengalami muntah , tentu saja nutrisi makanan akan terbuang akibatnya tubuh dan janin akan kekurangan gizi. Jadi jangan sampai anda mengalaminya. Berikut ini tiips cara mengatasi rasa mual saat hamil.

1.  Cukup istirahat

JIka tubuh kelelahan akan menyebabkan rasa mual semakin parah jadi pastikan anda cukup istirahat dan jaga pola hidup sehat. Hindari rokok , kafein dan alkohol.

2. Minum susu ibu hamil

Susu khusus ibu hamil biasanya telah di lengkapi vitamin B12 yang dapat membantu mengurangi rasa mual. Selain itu mengandung mineral penting lainnya seperti vitamin D dan kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang

3. Wedang jahe

Jahe mengandung antioksidan alami dan juga dapata mengurangi rasa mual. Rasanya yang segar dapat memulihkan stamina tubuh dari masuk angin dan muntah.

Jadi ngidam pada usia kehamilan berapa bulan pada ibu hamil umumnya terjadi di 3 bulan pertama usia kehamilan. Jika lebih sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

Tags: , , ,

Category: Kehamilan

Comments are closed.