Olahraga untuk Menguatkan Tulang Belakang

| 18/10/2015 | 0 Comments

Manfaat dan Jenis Olahraga untuk Menguatkan Tulang Belakang

Tidak semua jenis olahraga untuk menguatkan tulang belakang dapat dilakukan setiap harinya. Aktifitas yang padat menjadi salah satu alasan mengapa masyarakat tidak dapat melakukan olahraga secara rutin khususnya olahraga untuk sakit tulang belakang. Padahal, olahraga sangat baik dalam menjaga kekuatan tulang belakang agar dapat bergerak leluasa. Ada hal yang dapat dilakukan dalam menjaga kekuatan tulang belakang, yaitu mengkonsumsi suplemen tulang, makanan untuk menguatkan tulang  dan berolahraga.

Olahraga untuk Menguatkan Tulang Belakang

push up Olahraga untuk Menguatkan Tulang

Tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh saja, olahraga memiliki manfaat yang baik dalam menjaga kekokohan tulang belakang dan menjaga kondisi otot dan sendi. Ada jenis olahraga yang dapat menjaga kekuatan tulang belakang beserta kegiatan lain yang dapat menjaga bentuk tulang. Berikut ulasan mengenai jenis olahraga dan manfaat dari olahraga untuk menjaga kekuatan tulang belakang.

Jenis Olahraga untuk Menguatkan Tulang Belakang

Jika diperhatikan lebih lanjut, olahraga tidak hanya dapat membantu menguatkan otot dan sendi saja. Olahraga juga mampu menguatkan tulang khususnya tulang belakang . Kekuatan tulang belakang akan semakin kuat jika dilatih secara rutin. Bahkan sebuah penelitian mengemukakan, mereka yang berolahraga dengan rutin memiliki tulang yang padat dan kuat. Namun cara memperkuat tulang belakang dengan berolahraga juga harus di imbangi dengan memberi nutrisi pada tulang.

Olahraga sangat baik dilakukan untuk mencegah dan mengurangi kemungkinan pengeroposan tulang pada usia senja. Namun, tidak semua jenis olahraga mampu memberikan efek yang baik bagi tulang belakang. Jenis olahraga untuk menguatkan tulang belakang yang dianjurkan adalah weight-bearing. Olahraga ini merupakan jenis olahraga yang “bertolak belakang” dengan gravitasi.

Weight-bearing merupakan jenis olahraga yang memberikan beban pada tulang sehingga tulang belakang dapat berkembang dan tumbuh menjadi tulang yang kuat. Beberapa jenis olahraga yang tergolong olahraga weight- bearing adalah jalan santai, jogging, latihan beban dan mendaki.

Manfaat Olahraga untuk Menguatkan Tulang Belakang

  • Olahraga yang bertujuan untuk menguatkan tulang belakang dapat terhindar dari masalah osteoporosis. Mereka yang hidup sebagai manusia modern cenderung tidak pernah atau jarang melakukan olahraga. Padahal, olahraga yang dilakukan dengan teratur dapat menjaga massa tulang sehingga tekstur tulang menjadi padat. Tulang belakang yang kuat akan menjaga otot menjadi kuat dan dapat menjaga keseimbangan tubuh agar tidak mudah terjatuh. Karena banyak masalah yang diakibatkan kurangnya keseimbangan tubuh seperti terjatuh sehingga menimbulkan dampak buruk bagi tulang belakang. Dengan olahraga teratur, resiko terjadinya patah tulang dan osteoporosis akan berkurang. Olahraga teratur pun dapat menjaga bentuk tulang belakang sehingga tubuh tidak terlihat membungkuk. Dan mengurangi kemungkinan terjadinya patah tulang.

  • Olahraga menahan beban seperti berenang merupakan olahraga dengan menahan efek gravitasi. Olahraga ini dapat menjaga kebugaran tubuh dan mempertahankan kekuatan otot Anda sehingga dapat menyangga otot tulang belakang. Olahraga dengan intensitas yang tinggi dengan melawan arah seperti mendaki dapat menjaga kekuatan otot tulang belakang, keseimbangan tubuh dan meningkatkan kekuatan tulang agar lebih padat. Untuk mendapatkan manfaat dari olahraga untuk kesehatan tulang belakang, pastikan dengan benar porsi dari olahraga yang Anda lakukan. Gunakan waktu 45 menit hingga satu jam untuk melakukan aerobik untuk 2 hingga 3 kali dalam satu minggu. Anda juga dapat melakukan latihan lompat tali 2-3 kali dalam seminggu. Olahraga ini dapat melatih keseimbangan dengan baik hingga Anda tidak mudah terjatuh. Jangan lupa melakukan peregangan tiap kali akan memulai olahraga agar otot dan sendi tidak terasa tegang. Lakukan olahraga dalam jangka panjang agar terhindar dari kemungkinan patah tulang. Banyaknya manfaat dari olahraga, pilihlah olahraga tulang yang Anda sukai seperti olahraga untuk menguatkan tulang belakang.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags: , , ,

Category: Colostrum Synergy

Leave a Reply