pantangan makanan penyakit jantung koroner

| 16/03/2019
pantangan makanan penyakit jantung koroner

Untuk penderita penyakit jantung atau penyakit kardiovaskular mengenal pantangan makanan penyakit jantung sangatlah penting. Menjaga pola makan harus cermat dan mengkonsumsi makanan sehat yang dapat menurunkan kinerja jantung , bahkan ada diet khusus untuk penderita penyakit jantung untuk meringankan kinerja jantung.

Para pakar nutrisi sangat menyarankan mengkonsumsi protein terutama dari jenis ikan-ikanan yang kaya akan omega 3 yang baik untuk kesehatan jantung. Lalu makanan apa saja yang tidak baik di konsumsi untuk penderita jantung?

  1. Soda , minuman bersoda mengandung kalori yang tinggi , sedangkan kelebihan kalori dapat dengan cepat menaikkan berat badan. Berat badan berlebih sangat rentan terkena serangan jantung.
  2. Pizza , mengkonsumsi pizza tentu sangat lezat apalagi di lengkapi dengan berbagai toping tentu akan terasa lebih lezat. Pizza mengandung lemak jenuh dan sodium yang tidak baik untuk kesehatan jantung.
  3. Permen , permen juga mengandung kalori tinggi yang bisa menjadi pemicu naiknya berat badan.
  4. Garam, penderita penyakit jantung wajib menghindari makanan yang tinggi kandungan garam , bahkan sangat di anjurkan melakukan diet makanan rendah garam. Semakin anda menghindari garam semakin baik kesehatan jantung anda, jika makanan terlalu tawar tanpa garam bisa di tambahkan bumbu lain seperti bubuk merica, bubuk cabai , dll.
  5. Mengkonsumsi daging olahan, banyak macam daging olahan yang harus di hindari penderita penyakit jantung seperti sosis , bakso beku, kornet, daging asap, nugget, abon, ham, dendeng, dll. Daging olahan mengandung lemak jenuh yang sangat tinggi sehingga tidak baik untuk kesehatan jantung.
  6. Makanan yang di olah dengan cara di goreng juga tidak baik untuk penderita jantung. Minyak goreng mengandung lemak trans dan kolesterol jahat yang dapat menurunkan kolesterol LDL dalam tubuh.
  7. Margarin , menggunakan minyak zaitun tentu lebih baik bagi penderita jantung di banding menggunakan margarin. Karena margarin juga mengandung lemak trans yang beresiko memperparah kondisi penyakit jantung.

Makanan Sehat untuk Jantung

Selalu menjaga pola makan dan gaya hidup sehat adalah kunci menjaga kesehatan jantung. Selain menghindari pantangan makanan penyakit jantung , penderita penyakit jantung juga harus memilih makanan yang baik untuk jantung. Lalu makanan apa saja yang menyehatkan jantung? yuk simak penjelasan di bawah ini!

  • Beras merah , termasuk juga gandum dan jagung mengandung karbohidrat yang dapat menurunkan resiko penyakit jantung.
  • Buah apel mengandung epicatechin yaitu senyawa yang baik untuk kesehatan jantung.
  • Bawang putih juga baik untuk kesehatan jantung bumbu masakan ini dapat di jadikan pengganti garam yang harus di hindari penderita jantung.
  • Mengkonsumsi camilan buah yang sehat seperti strawberry, raspberry, dan blueberry. rasa manis nya tidak menimbulakan diabetes sehingga aman untuk di konsumsi sebagai cemilan sehat.
  • Green tea atau teh hijau juga dapat mnurunkan resiko terkena penyakit jantung dan stroke. Namun di anjurkan untuk minum teh hijau setiap hari tidak lebih dari 5 cangkir.

Setelah anda mengetahu berbagai pantangan makanan penyakit jantung dan makanan sehat untuk jantung hindari juga merokok , dan minum alkohol. Menjaga pola makan yang sehat dan juga rajin berolahraga adalah kunci utama menjaga kesehatan jantung.

Category: Program Smart Detox

Comments are closed.