Bahaya Jajan Sembarangan Untuk Anak SD yang tidak sehat

| 14/08/2017

Bahaya Jajan Sembarangan Untuk Anak SD Yang Sebaiknya Orang Tua Perhatikan

Bahaya jajan sembarangan untuk anak SD telah lama dikenali, hanya saja kurangnya perhatian orang tua memaksa anak terus melakukannya. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Bahaya Jajan Sembarangan Untuk Anak SD yang tidak sehat

Bahaya Jajan Sembarangan

Masalah yang tidak pernah terselesaikan di lingkungan sekolah adalah jajanan. Banyak sekali penjual makanan di sekeliling sekolahan. Hal ini membuat anak tergugah untuk membeli, sekaligus mengkonsumsinya.

Padahal, jajanan yang diperjualbelikan belum tentu bagus kualitasnya. Tak jarang jajanan ini membuat sejumlah masalah pada kondisi kesehatan anak sebagaimana yang dilaporkan dalam sejumlah berita.

Anda sebagai orang tua anak tentu tidak mau jika anak jatuh sakit bukan? Maka dari itu, Anda perlu mewanti-wanti anak agar tidak jajan sembarangan ketika waktu istirahat tiba.

Di sini, kami akan menunjukkan pada Anda beberapa akibat jajan sembarangan untuk anak SD, tentunya disertai dengan solusi untuk meminimalkan. Jadi, mari simak sama-sama informasinya di bawah ini!

Bahaya Ketika Anak Jajan Sembarangan

Bukan rahasia jika jajanan yang dijajakan di lingkungan sekolah kurang higienis. Tentu hal ini tidak menafikan jika ada penjual lain yang menjajakan makanan yang higienis.

Kebanyakan penjual lebih mengedepankan keuntungan sampai-sampai tidak memprioritaskan apa yang bakal terjadi jika dikonsumsi oleh anak-anak.

Contoh paling lumrah adalah makanan dibuat semenarik mungkin dengan menggunakan bahan pengawet, berpewarna kimia, serta berbahan baku yang kurang segar.

Akibatnya, anak yang mengkonsumsi makanan tersebut akan mengalami masalah kesehatan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Keracunan makanan

Anda tentu pernah mendengar sejumlah anak mengalami keracunan makanan setelah makan sembarangan di jalanan bukan?

Hal ini bukanlah hal yang langka. Telah banyak kasus yang terjadi. Semuanya berawal dari makanan atau jajanan yang dikonsumsi tidaklah sebaik yang dibuat dari rumah.

Normalnya, jajanan dibuat semurah mungkin. Indikasi murahnya jajanan ini diawali dengan penggunaan bahan baku yang kualitasnya rendah.

Misalnya bahan baku yang sudah kelewat masa penggunaannya. Oleh karenanya, tidak mengherankan jika keracunan makanan ini terjadi.

  • Gangguan pencernaan

Bahaya jajan sembarangan yang bisa saja terjadi adalah munculnya gangguan pencernaan.

Gangguan sistem pencernaan ini diawali dengan makanan/minuman yang kurang sehat. Dan biasanya, makanan/minuman tersebut sering diperjualbelikan di sekitar area sekolahan.

Makanan/minuman tadi bisa menimbulkan masalah pencernaan lantaran dibuat dengan bahan baku non standar. Artinya, makanan atau minuman tadi dipalsukan oleh oknum yang tak bertanggung jawab.

  • Cacingan

Ga hanya sebatas cacingan, namun masalah lain yang ditimbulkan bakteri adalah bahaya yang disebabkan jajan di sembarang tempat.

Kondisi seperti ini sangat mungkin terjadi. Penyebabnya adalah tempat dimana penjual keliling yang menjajakan makanan tidaklah bersih.

Akibat dari tempat yang kurang bersih, kemudian ditopang dengan makanan yang kurang sehat membuat anak mudah terinfeksi cacing ataupun bakteri.

 

Solusi Untuk Meminimalkan Anak Jajan Di Sembarang Tempat

Mengingat banyak sekali ancaman bahaya untuk anak yang jajan sembarangan, Anda sangat dianjurkan untuk berhati-hati. Contohnya adalah mengajarkan anak untuk tidak jajan di sembarang tempat.

Supaya anak mau melakukan apa yang Anda minta, Anda seharusnya membawakan bekal yang sehat. Minimal anak Anda tidak lagi mengkonsumsi makanan yang tidak sehat.

Anda bisa mencari resep makanan sehat yang menarik. Kemudian  Anda buat di tiap pagi harinya sebagai bekal untuk makan siang.

Kesimpulannya, bekali anak dengan makanan sehat serta ajari untuk tidak jajan sembarangan supaya bahaya jajan sembarangan untuk anak SD ini tidak terjadi.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags: , , , , , , ,

Category: Kesehatan

Comments are closed.