Penyebab anak Kecanduan Game Online

| 15/12/2014 | 0 Comments

Apa Penyebab anak Kecanduan Game Online? Dunia Game itu Seru!

 

Penyebab anak kecanduan game online terjadi karena adanya banyak faktor yang yang mendasarinya. Dengan kemajuan di bidang IT saat ini, membuat banyak berbagai macam game baru yang menjadi daya tarik bagi anak-anak, sebagai contoh ialah kemunculan game online. Faktor yang  menjadi daya tarik utama game online bagi anak ialah lingkupnya yang luas yang bisa dimainkan bersama dengan banyak orang, serta variasi game yang beraneka ragam.

Nah, adapun penyebab anak anda kecanduan game online ialah karena faktor orang tua. Terkadang kita tidak menyadari bahwa kita terlalu memberikan kebebasan pada anak dalam menggunakan waktunya untuk bermain bersama teman-temannya, terlebih jika kita terlalu memanjakannya dengan memberikan uang saku yang berlebihan. Oleh karenanya anak akan memilih warnet sebagai tempat bermain dengan teman-temannya termasuk untuk bermain game online tersebut.

Selain itu, kita sebagai orang tua juga terkadang terlalu memberikan fasilitas yang berlebih pada anak, seperti memberikan kamar dengan komputer dan jaringan internet di dalamnya. Selain itu, dengan kesibukan kita, terkadang kita orang tua kurang memberikan pengawasan terhadap anak. Selain faktor orang tua, penyebab anak ketagihan game online ialah karena kejenuhan yang terjadi pada anak akibat rutinitas belajar yang monoton dan membosankan. Oleh karena itu, untuk mencegah  anak kecanduan game online, maka pengawasan yang  lebih ketat dari orang tua dan pihak sekolah tentu sangat diperlukan.

Sementara itu, dampak negatif dari anak yang mengalami kecanduan game online ialah anak akan malas dalam belajar dan melakukan hal positif yang lainnya.  Selanjutnya anak akan berani berbohong pada orang tua dan bahkan ia bolos sekolah. Selain itu, anak juga akan kehilangan semangat untuk belajar dan merasa sekolah bukan menjadi hal yang menarik. Jika Dalam jangka waktu yang lebih lama, anak yang mengalami kecanduan bermain game online adalah menurunnya prestasi akademik anak.

Dampak lainnya ialah anak akan terlihat lebih kumuh, kusam, mata kelelahan dan sulit untuk berkonsentrasi. Sehingga dengan adanya game online tersebut,  kita selaku orang tua juga harus memberikan pemahaman kepada anak tentang dampak buruk dari game online tersebut.

Bermain game itu sangat seru dan mengasyikkan, ada skill yang harus dikuasi, ada level-level baru yang ingin dicapai bahkan dalam game Clash of Clans gamer rela mengeluarkan uang demi memberi senjata baru atau naik level lebih cepat. Intinya dalam permainan game online memiliki “dunia sendiri” dan “alam sendiri” disitulah letak pesona game online yang membuat siapa saja bisa ketagihan tidak hanya anak-anak bahkan orang dewasa pun bisa ketagihan bermain game online.

Apa penyebab anak kecanduan game online? Mungkin di dunia nyata anda atau anak bukanlah siapa-siapa. Bisa saja si anak suka diremehkan oleh teman maupun orang tuanya, sering di bully dan perlakuan buruk lainnya di dunia nyatanya. Tetapi di dunia game ia menjadi super hero yang mempunyai kekuatan luar biasa membasmi musuh dan menyelamatkan orang lain. Inilah yang disebut dengan “dunia lain” dari game tidak salah bukan jika anak-anak kita sangat kecanduan game online. Ditambah lagi dengan kecanggihan game itu sendiri, dengan karakter-karakter 3D dan chalenge yang menantang.

Nah, ayo kenali penyebab anak kecanduan game online dan temukan solusi untuk mengatasinya.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags: , , , ,

Category: Parenting

Leave a Reply