Penyebab anak muntah malam hari demam pertolongan pertama

| 07/02/2019
Penyebab anak muntah malam hari
ilustrasi Penyebab anak muntah malam hari

Apa sih mom Penyebab anak muntah malam hari ? Muntah yang sering terjadi pada balita bukan suatu penyakit tetapi suatu gejala, yaitu isi lambung dan usus keluar melalui mulut dengan terpaksa. Sebenarnya ini merupaka salah satu perlawanan tubuh sebagai tindakan perlindungan tubuh terhadap racun / toksin yang masuk ke tubuh baik sengaja maupun tidak.

Pada umum,nya muntah terdiri atas beberapa tahap , yang pertama mual/ retching atau gejala awal untuk muntah, dan tahap berikutnya pengeluaran isi lambung / regurgitasi ke mulut. Jika terdapat gangguan yang berat terkadang di sertai bercak darah atau cairan kuning.

Tentu saja sangat menimbulkan kepanikan dan kecemasan bagi orang tua. Dan jika di biarkan terjadi terus-menerus dapat mengakibatkan dehidrasi (kekurangan cairan) yang berakibat buruk pada anak.

penyebab anak muntah malam hari karena gangguan saluran Cerna

Sebagai orang tua kita harus peka terhadap kesehatan anak seperti perubahan fisik dan gangguan terhadap pertumbuhan anak yang tidak di inginkan. Sebaiknya ketahui terlebih dahulu penyebab anak muntah malam hari seperti di bawah ini:

Pada malam hari kondisi saluran pencernaan pada anak belum sempurna bekerja dengan optimal. Kondisi tersebut biasanya akan di ikuti turunnya nafsu makan pada anak

  • Sindrom dispepsia , yang di akibatkan karena naiknya kadar asam lambung secara berlebih
  • Gastroenteritis , ini di akibatkan karena saluran pencernaan terkena infeksi
  • Malabsorbsi , konsumsi gula secara berlebihan pada anak anak saat siang hari dapat mengganggu penyerapan sari-sari makanan
  • Apendisitis , yaitu peradangan yang terjadi pada usus akibat adanya infeksi


Selain penyebab di atas Cedera kepala juga dapat menyebabkan reaksi muntah terhadap balita terutama yang sering terjadi pada malam hari.

Pertolongan pertama anak muntah terus

Pada usia balita, kebiasaan muntah umumnya ya terjadi hanya saat batuk, menangis, berlari , tertawa keras atau berlari, dan dalam kendaraan.
Jika anak mengalami muntah-muntah terutama pada malam hari, coba lakukan tindakan-tindakan berikut:

  1. Jika anak muntah karena perjalanan, usaplah dahi dan wajah anak dengan kain basah dan kemudian usahakan agar anak tidur.
  2. Minum air putih agar anak tidak dehidrasi atau bisa dengan minuman jus. Berikan sedikit demi sedikit suapi dengan dengan sendok
  3. Beri cairan elektrolit berupa oralit dengan takaran sesuai anjuran dokter tetapi jika masih terus muntah sebaiknya di hentikan
  4. Jika anak sudah tidak muntah lagi , berikan minuman jahe hangat, teh atau sup kaldu terutama yang mengandung kalori tinggi dan gampang di cerna
  5. Jika dalam waktu 24 jam sudah tidak muntah lagi berikan makanan padat seperti roti , sereal , nasi atau kentang
  6. Jika muntah disertai darah dan terjadi terus menerus atau nyeri di sisi kanan bawah perut, harap segera menghubungi dokter.

Itulah beberapa tips penyebab anak muntah malam hari serta cara penanganannya, semoga bermanfaat.

Category: Program Smart Detox

Comments are closed.