Penyebab Gatal Pada Kulit Perut Saat Hamil

| 17/08/2015 | 0 Comments

Penyebab Gatal Pada Kulit Perut Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

 

Penyebab Gatal Pada Kulit Perut Saat Hamil muda Biasanya ada euforia yang tinggi untuk kemudian benar-benar menjaga kesehatan si janin yang berada di dalam, namun lupa sebentar jika timbul sesuatu di luar. Penyebab gatal pada kulit perut saat hamil  jarang diketahui oleh para ibu yang sedang hamil.  Penyebab perut gatal saat hamil muda maupun saat hamil untuk kesekian kalinya sama.

Rasa gatal yang memang bisa mengganggu dan biasanya muncul di triwulan ketiga ini memiliki beberapa penyebab. Ada tiga macam, menurut kesimpulan para dokter, yaitu

  • Kulit kering
  • Garis stretchmark pada kulit
  • Gejala Pruritic Urticarial Papules and Plaques of Pregnancy atau PUPP. PUPP ini terjadi karena meningkatnya aktivitas hormon estrogen dan gonadotropin.Dalam beberapa kasus, rasa gatal bisa sampai menimbulkan bercak merah dan bengkak-bengkak. Ini terjadi pada ibu hamil kembar atau hamil anak pertama. Namun ini tak semuanya.

Sebenarnya kasusnya lebih bervariasi, dari gatal ringan sampai yang menimbulkan ruam. Penyebab gatal pada kulit perut saat hamil di atas alami saja, Gejalanya juga.

Penyebab gatal di perut saat hamil 6 bulan hinggan 9 bulan

Namun jika ingin diobati, ibu hamil bisa berkonsultasi dengan dokter. Dokter biasanya akan memberikan salep tropis atau merekomendasikan antihistamin. Walaupun seharusnya rasa gatal akan berakhir setelah anak melahirkan. Lalu bagaimana caranya untuk mencegah kondisi penyebab perut gatal saat hamil 7 bulan atau hamil di usia berapapun itu?

Konsumsi Sayuran

Pertama, perbanyak konsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, dan rajin lah meminum air putih. Kesemuanya berguna untuk menjaga kelembaban tubuh dengan natural. Sehat juga untuk asupan janin yang dikandung.

Gunakan pakaian Yang nyaman

Kenakan pakaian yang adem dan mudah menyerap keringat. Ruam akan muncul jika kondisi badan panas dan banyak berkeringat di bagian stretchmark.

Mandi air dingin

Ini bertujuan untuk mencegah rasa gatal muncul sebab lebih beresiko jika mandi air panas. Sebaiknya juga gunakan sabun dengan PH rendah misalnya sabun bayi.

Gunakan Pelembab pada perut

Pakailah lotion pelembab. Lotion ini selain berfungsi mencegah juga dapat mengurangi bekas garukan. Cukup oleskan ke area yang berpotensi gatal seperti sekitar perut dan dada.

Penyebab Gatal Pada Kulit Perut Saat Hamil muda

Masa kehamilan memang masa yang sangat membahagiakan bagi para wanita, namun beberapa masalah bisa saja mengganggu bukan hanya gatal pada perut , bahkan kaki menjadi bengkak serta payudara menjadi besar. Sebaiknya melakukan konsultasi yang intens dengan dokter kandungan anda selain tips diatas, agar masa kehamilan anda selama 9 bulan tidak terganggu. Itulah penyebab gatal pada kulit perut saat hamil dan cara-cara mengatasinya.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags: , ,

Category: Kehamilan

Leave a Reply