penyebab sakit kepala pusing saat hamil 5 bulan trimester 2

| 07/01/2018

Kenali penyebab sakit kepala dan pusing saat hamil 5 bulan

Cara mengatasi pusing saat hamil 5 bulan 

pusing saat hamil

Sering merasa pusing saat hamil 5 bulan hingga usia kehamilan memasuki trimester 3 banyak di keluhkan para wanita hamil. Pada umumnya rasa pusing ini terjadi di awal kehamilan hal ini di sebabkan tensi darah terlalu rendah dalam tubuh. Namun banyak juga ibu hamil yang mengeluh pusing hingga usia kehamilan trimester 2 dan 3, Bahayakah?

Tekanan darah Naik

Berkembangnya janin dalam rahim saat memasuki trimester kedua menyebabkan tekanan darah naik inilah yang menyebabkan ibu hamil merasa pusing dan sakit kepala.

Menyempitnya pembuluh darah

Saat memasuki trimester ketiga berat janin dalam rahim makin bertambah hal ini menyebabkan pembuluh darah menyempit akibat tekanan janin. Rasa pusing muncul karena terhambatnya aliran darah.

Anemia

Kekurangan zat besi pada ibu hamil mengakibatkan anemia atau kurang darah. Berkurangnya sel darah merah atau yang lebih di kenal dengan hemoglobin menyebabkan tubuh kekurangan pasokan oksigen hal ini menimbulkan rasa pusing dan berkunang-kunang bahkan jika sampai pada tahap kronis dapat menyebabkan pingsan.

Kekurangan cairan / Dehidrasi

Saat tubuh kekurangan cairan menyebabkan terganggunya keseimbangan gula-garam dalam tubuh sehingga tubuh tidak maksimal dalm menjalankan fungsinya. Akibatnya kepala terasa pusing dan sakit.

Cara mengatasi pusing saat hamil 5 bulan

Setelah mengetahui penyebab sakit kepala dan pusing saat hamil 5 bulan hingga hamil tua, saatnya mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasinya. Simak tips berikut ini:

Hindari makanan pemicu sakit kepala

Jenis makanan tertentu memiliki kandungan yang dapata memicu rasa pusing dan mual terutama sering di alami wanita hamil, sebaiknya hindari:

  • Mengolah makanan dengan MSG
  • Keju
  • Pemanis buatan
  • Makanan hasil permentasi
  • Ikan yang di asap
  • Minuman berkafein
  • Alkohol
  • Pewarna makanan buatan
  • Makanan atau minuman dingin

Atur jadwal makan

Usahakan jangan sampai terlambat makan karena makan secara teratur dapat menyeimbangkan kadar gula darah. Sebaiknya konsumsi makan dengan porsi sedikit tapi sering itu lebih baik di banding makan sekaligus dalam porsi banyak. Ngemil dengan buah pisang , kacang almond dan biskuit yang rasanya gurih dapat membantu keseimbangan kadar gula dalam darah.

Cegah anemia dengan mencukupi asupan zat besi

Konsumsi makanan yang kaya akan zat besi seperti kacang-kacangan , kubis , daging merah , kuning telur, kismis kering , dll.

Minum air putih yang cukup

Minuman yang paling baik saat hamil adalah air putih minumlah 10 hingga 13 gelas per hari sesuai rekomendasi dokter. Air membantu membuang racun dalam tubuh serta menjaga suhu tubuh tetap normal. JUga membantu mengurangi morning sickness dan melancarkan sistem pencernaan.

Jangan malas bergerak

Beraktifitas saat hamil sangat baik untuk menjaga kesehatn dan kebugaran tubuh. Berjalan santai di pagi hari sangat di sarankan atau melakukan aktifitas seperti mengepel , memasak , dll. Aktifitas fisik juga bermanfaat untuk menguatkan otot sehingga tubuh tidak gampang sakit saat hamil.

Olahraga sangat di anjurkan karena dapat membantu dan mempermudah saat melahirkan bayi anda kelak bahkan dokter menganjurkan untuk melakukan senam khusus untuk ibu hamil.

Pakailah pakaian yang nyaman

Pakaian yang terlalu ketat menyebabkan rasa gerah dan peredaran darah tersumbat. Gunakan pakaian yang longgar dan menyerap keringat sehingga anda merasa nyaman. Karena saat hamil metabolisme tubuh meningkat sehingga mudah merasa gerah pilihlah pakaian yang terbuat dari katun.

Semoga tips dan cara mengatasi pusing saat hamil 5 bulan hingga hamil tua di atas bermanfaat dan bisa jadi referensi anda untuk menghadapi masa-masa kehamilan.

Tags: , , ,

Category: Kehamilan

Comments are closed.