Penyebab sinusitis pada anak

| 31/03/2015 | 0 Comments

Waspadai Penyebab Sinusitis pada Anak

Penyebab sinusitis pada anak dikarenakan membran mukosa pada saluran pernapasan anak mengalami pembengkakan. Biasanya disebabkan oleh bakteri, jamur, maupun virus. Selain itu, udara yang terlalu dingin juga bisa menyebabkan anak mengalami sinusitis. Penyebab sinusitis yang terjadi pada anak lainnya juga dipengaruhi oleh kelainan anatomi hidung.

Apa itu kelainan anatomi hidung? Yakni kondisi di mana sekat pemisah lubang hidung tidak lurus, adanya benda asing, polusi lingkungan, polip,  tumor, dan masih banyak lagi. Lebih jauh lagi, sebaiknya, suhu ruangan yang digunakan anak sehari-hari memang perlu ada pengawasan yang ketat.

Ini supaya anak tidak terkena sinusitis. Misalnya saja dengan tetap menjaga suhu kamar tidur tetap hangat, atau membersihkan kamar anak agar segala macam bakteri dan jamur tidak menempel di ruangan yang digunakan untuk anak bermain.

Selain itu, Anda juga harus pandai-pandai mengatur jadwal sosialisasi anak dengan orang lain. Misalnya saja lebih baik tidak mengajak anak ke rumah sakit (yang notabene terlalu banyak virus, bakteri, dan jamur), menjauhkan anak dari orang yang sedang terserang flu, dan sebagainya.

Sinusitis Berawal dari Flu biasa

Setelah mengetahui apa itu penyebab sinusitis pada anak, sekarang saatnya mengenal apa itu sinusitis? Ini adalah gejala peradangan yang terjadi di dalam saluran pernapasan. Biasanya gejala yang ditimbulkan adalah pilek, hidung tersumbat, dan batuk yang semakin parah. Biasanya kondisi ini terjadi ketika udara terlalu dingin (pada musim hujan atau malam hari).

Sinusitis sendiri dibagi menjadi 3 bagian, yakni akut, sedang, dan kronis. Sinusitis akut merupakan infeksi pernapasan yang terjadi secara singkat. Biasanya dalam hitungan hari (1-14 hari). Jika infeksi sudah terjadi selama berminggu-minggu sampai sebulan, dinamakan sinusitis sedang (sub-akut). Sedangkan sinusitis yang terjadi secara berkelanjutan dinamakan sinusitis kronis.

Agar lebih jelas mengenali sinusitis pada anak, sebaiknya pahami beberapa gejala umum yang di timbulkan oleh sinusitis:

  • Anak mengalami demam yang tidak tinggi tapi berlangsung lama
  • Hidung mengeluarkan lendir atau ingus berwarna kuning
  • Bau mulut, pusing-pusing di sertai muntah
  • Biasanya anak cepat kelelahan dan mudah sekali marah
  • Terjadi pembengkakan di sekitar mata dan pipi, jika sinusitis yang di alami sinusitis maksila

Gejala sinusitis yang terjadi pada anak agak sulit di kenali, karena pada usianya anak sering kali mengalami infeksi pada saluran nafas. Untuk diagnosa lebih mendetil sebaiknya segera di bawa ke dokter guna penanganan yang lebih intensif.

Sinusitis pada anak bisa Disembuhkan

Rasa sakit atau nyeri yang di timbulkan di sebabkan oleh lendir (ingus) yang tersumbat bersama kotoran, yang menekan rongga hidung dan menimbulkan peradangan. Sinusitis yang akut pada umumnya masih bisa di sembuhkan dengan cara memberi antibiotik selama 21 hari secara intensif.

Oleh karena itu, jika anak mulai terserang sinusitis, sebaiknya segera bawa ke dokter atau lakukan langkah pencegahan terjadi sinus yang lebih parah. Penyebab sinusitis pada anak memang sangat banyak, namun ada banyak juga cara untuk mencegah dan mengobatinya jadi Anda tak perlu khawatir.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags: , ,

Category: Sinusitis

Leave a Reply