Persiapan saat Mau melahirkan

| 22/09/2014 | 1 Comment

Persiapan saat mau melahirkan Untuk Menyambut si Buah Hati

 

Agar bunda tenang  saat melahirkan persiapan saat mau melahirkan harus di lakukan dengan matang. Apa saja yang harus di persiapkan supaya nanti tidak repot lagi dan tergesa-gesa ke rumah Sakit?

Memesan Kamar Tempat persalinan

Jika bunda sudah memilih rumah sakit dan dokter kandungan yang akan menangani persalinan, jangan lupa reservasi kamar kamar saat persalinan nanti. Memesan kamar di awal agar bunda mendapat kamar sesuai keinginan pesanlah kamar minimal 1 bulan sebelum melahirkan, daripada nantinya mendapat kamar seadanya justru membuat kondisi tidak nyaman. Bahkan di rumah sakit tertentu kita bisa dapat diskon jika memesan jauh-jauh hari.

Peralatan penting persiapan saat melahirkan di RS

Peralatan-peralatan ini sangat penting untuk dibawa ke RS saat melahirkan, dan sebaiknya dipersiapkan dan di beli saat usia kandungan memasuki trimester yang ketiga. Peralatan tersebut yaitu handuk bayi, satu set baju bayi, topi bayi, diaper, baby oil, kaos kaki bayi, sarung tangan bayi, selimut bayi, shampoo dan sabun bayi, baju kancing depan agar mudah saat menyusui, pakaian dalam, botol susu dan susu formula, pembalut, baju untuk di pakai pulang dari RS, pasta gigi, sikat gigi, sabun, dokumen-dokumen penunjang, kamera digital, sandal serta buku dan pulpen.

Jangan Lupa Pompa ASI

Terkadang setelah melahirkan sampai di hari kedua ASI belum keluar, pompa ASI bisa sangat membantu untuk memompa ASI. Walaupun sebagian rumah sakit bersalin sudah menyediakan pompa ASI tapi tidak ada salahnya jika bunda membawa juga untuk jaga-jaga jika di RS stok nya sedang habis.

Persiapan saat mau melahirkan untuk Ayah

Sebagai ayah yang baik harus mendampingi istri saat ia melahirkan, terkecuali ada hal lain yang memang tidak bisa di tinggalkan. Ayah juga harus mempersiapkan berbagai keperluan untuk persalinan sang istri yaitu kartu pemeriksaan rutin kehamilan, KTP suami dan istri yang sudah di foto kopi, sikat gigi, odol, sisir, jam tangan, sweater, koran atau majalah untuk bacaan di RS, dan jangan lupa nomor telpon sanak family atau teman.

Korset Penyangga perut

Setelah melahirkan biasanya perut menjadi kendur atau bergelambir, korset berfungsi untuk menyangga perut agar nyaman saat berjalan dan tidak merasakan sakit.

Usahakan untuk tetap tenang dan rileks

Persiapan saat mau melahirkan berupa kesiapan mental juga penting, tidak perlu panik, berteriak-teriak atau gelisah bunda harus menyimpan banyak tenaga untuk menghadapi persalinan. Bunda tidak sendirian ada sanak famili yang akan mendukung dan selalu memberikan semangat, dan ingatlah bunda sedang menantikan kelahiran si buah hati yang bunda dambakan kehadirannya.

Izin untuk Cuti hamil

Jika bunda bekerja di kantor, pastikan sudah memberitahu pimpinan anda, ambillah cuti hamil tiga bulan setelah melahirkan ini sudah menjadi hak bunda. Cuti selama 3 bulan sangat diperlukan untuk mengembalikan kondisi tubuh, memberi ASI ekslusif dan mengurus bayi dan menjalin kasih sayang dengan nya.

Itulah beberapa persiapan saat mau melahirkan yang harus di persiapkan dengan matang, dan yang juga tidak kalah penting setelah melahirkan tentu bunda akan mengalami kelelahan baik fisik maupun mental. Beristirahatlah yang cukup penuhi nutrisi karena bayi anda sangat membutuhkan asupan ASI yang berkualitas, mintalah bantuan dan dukungan suami serta sanak family mereka akan membuat bunda tenang dan selalu bahagia. Untuk menjaga agar berat badan tetap proporsional berolahraga untuk membakar lemak yang menumpuk di tubuh juga harus di perhatikan.

Tags: , , , , , ,

Category: Kehamilan

Leave a Reply