Pertumbuhan  Anak 3 tahun

| 26/03/2015 | 0 Comments

Pertumbuhan Anak 3 Tahun yang Mengesankan

Pertumbuhan anak 3 tahun termasuk pertumbuhan yang mengesankan. Ini karena anak usia 3 tahun merupakan masa dimana anak sedang lucu dan menggemaskan. Ada beberapa pertumbuhan anak usia 3 tahun yang perlu kita kenali. Umumnya, anak 3 tahun memiliki rasa ingin tau yang tinggi. Mereka banyak mengamati lingkungan sekitar dan aktivitas orang dewasa.

kecerdasan anak usia dini 2-3 tahun

Pertumbuhan anak usia 2-3 tahun merupakan masa yang penting

Setelah itu, mereka akan memiliki persepsi baik dan buruk tentang aktivitas tersebut. Anak usia 3 tahun sangat mudah untuk meniru. Mereka bisa meniru ucapan yang sering orang tua mereka ucapkan. Bahkan mereka juga suka meniru gaya dan style orang tua.

Pada tahapan ini, mereka rata-rata memiliki patokan pada orang tua dan keluarga besar. Ini karena anak usia 3 tahun masih belum banyak memiliki ruang pertemanan. Sebagian besar waktu yang dihabiskan hanya dengan orang tua dan keluarga. Darisanalah, mereka akan lebih banyak meniru aktivitas yang dilakukan oleh orang tua dan keluarga.

Jangan Lampiaskan Kekesalan Pada Anak !

Untuk menggambarkan pertumbuhan anak usia 3 tahun, ada beberapa hal yang dilihat. Hal tersebut dilihat dari segi emosi dan kepribadian. Anak usia 3 tahun biasanya senang untuk bermain lari-larian dan mengobrol. Ini karena mereka sedang menikmati kemampuannya yang sudah dapat berjalan dan berbicara. Anak umumnya takut ditinggal orang tuanya atau orang yang dianggapnya dekat. Ini membuat sebagian besar orang tua kesal karena anak terkesan manja.

Jangan melampiaskan kekesalan pada anak. Untuk mengatasinya, berikan mainan favorit anak atau berikan ciuman atau pelukan. Dengan mempercayakan anak kalau anda akan kembali, anak pun akan terlihat tenang. Pada usia 3 tahun, anak mulai belajar ungkapan penolakan. Ini karena mereka mulai merasakan apa yang menurutnya menyenangkan dan tidak menyenangkan.

Contohnya saja, pada usia ini anak akan susah untuk makan sayur dan sering menolak bila lauk yang diberikannya berupa sayur-sayuran. Agar anak suka makan sayur, maka kemaslah sayuran itu secara menarik seperti dibuat bentuk kartun atau sebagainya. Masa pertumbuhan anak di usia 3 tahun merupakan masa yang aktif dimana anak belajar banyak hal. Oleh karena itu, dampingilah anak sesering mungkin dan ajari mereka menjadi sosok yang peduli sesama.

Apa Saja perkembangan dan Pertumbuhan anak 3 tahun?

Saat usia anak memasuki 3 tahun sudah banyak tingkah laku nya yang lucu dan menggemaskan mulai tampak seperti dapat melompat, bernyanyi, minum dari gelasnya sendiri, menulis garis-garis lurus, dll. Pada usianya ini keterampilan motorik anak mulai terlihat.

Aspek Kognitif

Perkembangan kognitif anak saat usia 3 tahun diantaranya adalah membongkar pasang mainan, mencocokkan gambar, mewarnai gambar, dll. Ia sangat antusias jika di ajak bermain, sebaiknya kita perlu memberikan permainan yang menyenangkan sekaligus melatih kecerdasannya.

Kemampuan berbahasa

Anda mempunyai anak usia 3 tahun? Coba suruh ia untuk mengambilkan sesuatu, tentu ia sudah bisa merespon instruksi anda. Mereka sudah bisa berkomentar tentang sesuatu yang jelek dan bagus.

Kemampuan motorik

Melompat, berjalan mundur, menaiki tangga merupakan kemampuan motorik yang telah di kuasai anak usia 3 tahun. Sebaiknya beri mereka kebebasan untuk bergerak dan mengekspresikan kreatifitasnya, tentu dengan pengawasan orang tua.

Dengan memahami perkembangan dan pertumbuhan anak 3 tahun , sebagai orang tua hendaknya mendukung dengan memberikan permainan yang mendidik untuk tumbuh kembang mereka.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags: , , , ,

Category: Parenting

Leave a Reply