Rambut rontok Berlebihan

| 01/03/2015 | 0 Comments

Kenali Penyebab Rambut Rontok Berlebihan

Rambut rontok berlebihan jelas bukan hal yang wajar terjadi. Kerontokan pada rambut memang merupakan hal alami yang terjadi sebagai upaya regenerasi rambut. Akan tetapi, kerontokan yang termasuk wajar atau normal hanya berkisar antara 50-100 helai per hari.

Kerontokan akibat proses regenerasi tersebut akan segera diganti dengan rambut baru yang lebih sehat dan kuat. Sehingga Anda tidak perlu takut. Hanya saja, jika Anda mendapati rambut rontok dalam jumlah yang lebih banyak Anda patut waspada. Dalam hal ini upayakan untuk mencari tahu penyebab rambut yang rontok berlebihan dan apa solusi terbaiknya.

Siklus pertumbuhan rambut

Diketahui ada beberapa penyebab rambut rontok berlebih. Salah satunya karena ketidakseimbangan siklus pertumbuhan rambut. Umumnya rambut tumbuh sepanjang 0,5 inchi setiap bulan. Proses tersebut berlangsung selama 2 sampai 6 tahun yang juga diselingi dengan masa istirahat dan pembentukan folikel baru. Pada masa inilah rambut cukup rentan untuk rontok.

Gangguan hormon

Selain itu, rambut rontok bisa juga disebabkan karena gangguan hormon. Misalnya saja gangguan hormon karena tiroid yang terlalu aktif atau malah tidak aktif sama-sama berdampak negatif pada kesehatan rambut. Demikian pula bila terjadi gangguan pada hormon estrogen atau androgen yang misalnya saja terjadi pada masa kehamilan dan persalinan.

Pasca melahirkan

Pasca melahirkan seorang wanita bisa mengalami kerontokan selama 3 bulan kurang lebih. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kondisi tersebut dapat normal kembali. Berbeda jika masalah rambut rontok tersebut dikarenakan karena

Infeksi Jamur dan Stress

efek samping penggunaan obat, gizi tidak seimbang, stres, infeksi jamur, ataupun karena penyakit autoimun. Anda perlu mengetahui penyebabnya agar bisa memilih perawatan rambut rontok yang tepat. Jika rambut rontok disebabkan karena efek samping penggunaan obat, tentu Anda mesti lebih berhati-hati memilih produk obat yang dikonsumsi.

Cara atasi Rambut rontok Berlebihan secara Alami

Jahe

Ambil beberapa ruas jahe segar kupas dan bersihkan kulit luarnya, kemudian blender hingga halus. Oleskan jus jahe ke bagian kulit kepala sambil di pijat-pijat lalu diamkan lakukan sebelum anda tidur malam. Billas keesokan paginya hingga bersih, boleh menggunakan shampo anti ketombe yang cocok dengan jenis kulit kepala anda.

 

Teh Hijau

Teh hijau kaya akan kandungan anstioksidan, gunakan 2 kantung teh hijau  celup kemudian larutkan dan seduh dengan segelas air hangat. Air teh hijau bisa di balur-balurkan pada permukaan kulit kepala tunggu hingga 1 jam, kemudian bilas hingga benar-benar bersih.

Minyak kemiri

Minyak kemiri sangat bagus untuk mengatasi kerontokan rambut, anda tak perlu repot membuat minyak kemiri karena sudah banyak  tersedia di apotik maupun toko obat.

 

Yoghurt

Seperti cara anda creambath penggunaan yoghurt untuk mengatasi kerontokan rambut hampir sama. Cukup oleskan yoghurt di bagian kulit kepala dengan lembut, diamkan dahulu sekitar 10-15 menit barulah bilas hingga bersih.

Buah alpukat

Alpukat banyak di gunakan untuk perawatan kecantikan, sebagai masker wajah agar kulit lebih halus dan kenyal. Sealin itu buah alpukat juga bisa membantu mengatasi kerontokan pada rambut, caranya pisahkan daging buah alpukat dari kulitnya lalu haluskan dengan blender. Oleskan krim alpukat secara merata pada akar rambut diamkan sekitar 15-20 menit barulah bilas sampai bersih.

Jika penyebabnya karena gizi tidak seimbang dan stres, maka Anda perlu memperbaiki pola makan sehat dan menenangkan pikiran agar fresh kembali. Sementara bila rambut rontok dipicu karena adanya infeksi jamur atau penyakit auto imun, berkonsultasi pada dokter ahli rambut rontok berlebihan menjadi jalan terbaik.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags: , , , ,

Category: Radiance Synergy

Leave a Reply