Supaya daging Sapi tidak amis

| 03/11/2014 | 2 Comments

Baluri dengan Parutan Nanas Supaya daging sapi tidak amis

 

Mengolah daging memerlukan keahlian tersendiri agar daging tidak bau amis, dan cepat empuk saat di masak. Supaya daging sapi tidak amis coba tips dibawah ini yang kami himpun dari berbagai sumber.

Mengolah daging baik itu daging sapi, ayam atau kambing perlu berhati-hati agar kandungan gizi terutama protein dalam daging tidak hilang saat proses pengolahan terutama jika menu olahan daging ini di gunakan untuk menu diet harian anda.

Tips supaya daging sapi tidak amis dan Empuk

Agar olahan daging sapi anda tidak berbau amis dan cepat empuk saat di masak, lakukan tips berikut ini:

  • Sebelumnya daging di potong-potong melawan arah serat daging
  • Bungkus daging sapi atau kambing dengan daun pepaya dan tambahkan daun serai yang telah di memarkan diamkan selama 1 jam
  • Jangan mencuci daging sapi dengan air, karena daging akan cepat busuk
  • Rebus daging hingga mendidih dicampur dengan rempah-rempah yaitu daun sereh, jahe, daun salam, kunyit dan lengkwas
  • Tambahkan irisan timun, lalu aduk-aduk hingga sepuluh menit sampai aroma amis pada daging hilang dan aroma rempah lebih dominan

 

daging sapi potong dadu

Daging sapi potong dadu

Cara Lain Supaya daging sapi tidak amis Sekaligus Empuk

1.Melumuri daging sapi atau kambing dengan jeruk nipis

Dengan aroma khas jeruk nipis bau prengus dan amis pada daging sapi atau kambing dapat hilang. Daging yang telah di lumuri jeruk nipis akan lebih awet, karena cairan jeruk nipis dapat membunuh bakteri. Sebelum di masak daging di lumuri dengan air perasan jeruk nipis lalu tunggu hingga 30 menit agar air perasan jeruk meresap.

2.Memakai Tomat dan cuka

Dengan menggunakan tomat dan cuka daging sapi lebih cepat empuk saat di masak, ini disebabkan sifat asam pada cuka dan tomat. Daging juga tidak cepat basi dan bau amisnya dapat hilang.

3.Gunakan Parutan Nanas

parutan nanas supaya daging empuk

parutan nanas supaya daging empuk

Parut atau blender nanas terlebih dahulu lalu lumuri daging sapi atau kambing dengan parutan nanas agar cepat empuk saat dimasak lalu diamkan dan simpan selama 1 jam. Sesuaikan jumlah parutan nanas jangan terlalu banyak karena daging bisa hancur saat di masak

4.Parutan Jahe agar daging cepat empuk

Enzim proteolitik pada Jahe dapat memecah protein sehingga daging cepat empuk, dan aroma jahe dapat menghilangkan bau amis pada daging. Caranya jahe diparut terlebih dahulu lalu parutan jahe di lumurkan pada daging diamkan sekitar 30 menit setelah itu barulah di masak sesuai selera

5.Menggunakan serbuk pepaya (papain)

Jika anda kesulitan mencari daun pepaya sebagai pembungkus daging, serbuk papain yang berasal dari getah pepaya dapat di pakai untuk membuat daging menjadi empuk. Serbuk papain banyak di jual secara bebas di toko obat atau apotik di sekitar anda.

Saat hari raya kurban daging sapi dan kambing pasti banyak di kulkas anda, oleh karena itu agar daging lebih awet dan menghemat gas saat memasaknya anda bisa mempraktekkan cara-cara ini. Karena disamping kandungan gizi tetap terjaga daging menjadi lebih nikmat disantap, baik untuk menu sehari-hari keluarga maupun untuk keperluan program diet anda.

Semoga cara-cara diatas dapat membantu mengatasi kebingungan anda, karena supaya daging sapi tidak amis dan cepat empuk anda dapat menggunakan salah satu cara diatas yang lebih praktis dan bahan-bahannya mudah di temukan.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags: , ,

Category: Kesehatan

Leave a Reply