Suplemen makanan kaya serat untuk diet

| 23/04/2015 | 2 Comments

Manfaat Makanan kaya serat tinggi  Bagi Tubuh

suplemen makanan kaya serat tinggiSehat itu baik. Itulah tagline yang kita kenal selama ini. Namun menjadi sehat tanpa usaha adalah tidak mungkin, karena menjaga kesehatan membutuhkan komitmen. Salah satu hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan adalah dengan menjaga pola makan dan mengkonsumsi makanan kaya serat . Menjaga pola makan berarti kita berusaha untuk lebih selektif dalam memilih makanan apa saja yang perlu dikonsumsi oleh tubuh.

Ada baiknya kita memilih makanan yang banyak mengandung serat untuk kesehatan kita, karena manfaat serat bagi tubuh sangat banyak. Serat dalam makanan merupakan bagian dari tanaman merupakan residu sel tanaman yang terdiri atas  karbohidrat dan tidak dapat diuraikan oleh enzim percernaan manusia.

Dalam suasana keasaman lambung, serta memiliki sifat resisten pada  proses pencernaan dan juga penyerapan usus halus tubuh manusia, hingga akhirnya akan mengalami fermentasi baik fermentasi sebagian atau pun keseluruhan di usus besar.

Manfaat Serat untuk Metabolisme Tubuh

Dengan kata lain serat yang berada di dalam tubuh tidak dapat dicerna dan diserap karena tidak menghasilkan kalori, sehingga serat tersebut akan dibawa oleh usus halus ke usus besar untuk selanjutnya dibuang. Lalu apa manfaatnya? Ada banyak sekali manfaat serat bagi tubuh, namun secara umum serat memiliki banyak bermanfaat dalam membantu proses metabolisme tubuh.

Mencegah sembelit Dan kanker

Makanan berserat memiliki manfaat bagi kesehatan. Manfaat serat bagi tubuh adalah mencegah dan mengobati sembelit, mencegah kanker usus, dan mencegah penyakit jantung koroner karena berfungsi pula untuk menurunkan kolestrol jahat dalam darah.

Menurunkan Berat Badan

Selain itu makanan berserat juga dapat menurunkan obesitas karena serat dapat menimbulkan rasa kenyang sehingga nafsu makan menurun.

Menurunkan resiko stroke dan hipertensi

Serat juga dapat menurunkan resiko stroke dan hipertensi, serta menurunkan resiko kanker gastrointestinal dan kolokteral. Dengan mengkonsumsi makanan berserat, kadar gula darah dapat tetap terjaga dengan baik dan stabil, karena serat memperlambat penyerapan glukosa sehingga tingkat glukosa dan insulin dalam darah berkurang.

Sumber makanan kaya serat

Serat Larut dan Tidak Larut Untuk Diet

Sumber serat alami yang bermanfaat dan dapat kita konsumsi tidak hanya berasal dari sayuran-sayuran saja, melainkan makanan mengandung serat  juga dari buah-buahan. Secara umum serat terdiri dari serat yang larut dan yang tidak dapat larut, serat yang larut berfungsi untuk menyerap lemak lalu di buang melalui feses dan urine. Sementara serat yang tidak larut, tidak dapat di serap oleh pencernaan dan di buang secara utuh, jenis serat ini baik sekali untuk diet karena membuat tubuh kenyang lebih lama.

Berapa banyak tubuh Perlu Serat?

Menurut data Departemen kesehatan tahun 2001, masyarakat Indonesia mengkonsumsi serat 10,5 gram. Konsumsi serat tersebut tidak memenuhi kebutuhan serat standar yang seharusnya 25-38 gr setiap hari baik wanita maupun pria.

Jika tubuh kurang serat akan berdampak negatif bagi kesehatan, olehkarenanya penuhi asupan serat tubuh dengan jenis-jenis makanan kaya serat berikut ini:

  • Jambu Biji. Terutama jambu biji merah yang mengandung serat alami 7,3 gram untuk setiap 100 gr daging jambu biji merah. Selain itu juga rendah gula dan kalori sehingga baik untuk penderita diabetes, dan zat antioksidan.
  • Buah Pepaya. Pepaya dapat melancarkan buang air besar , enzim papain yang dikandungnya berguna untuk antioksidan  kaya vitamin C , A, magnesium  dan fosfor.
  • Alpukat. Alpukat juga kaya serat serta lemak tidak jenuh untuk membantu menurunkan kolesterol dan mencegah penyakit jantung.
  • Kentang. Dengan mengkonsumsi kentang tubuh telah mendapat asupan serat. Serat pada kentang baik sekali untuk menstabilkan kolesterol jahat LDL, mencegah sembelit dan mencegah kanker.
  • Kacang-kacangan. Jenis serat pada kacang-kacangan termasuk serat yang larut, sehingga baik untuk program diet. Kacang almond dan kacang polong baik untuk camilan saat anda berdiet.
  • Pisang. Pisang mengandung serat yang baik untuk pencernaan dan sumber energi.Selain serat pisang juga mengandung Vitamin C, A dan zat besi.

 

Setelah mengetahui beberapa manfaat makanan kaya serat , kapan kita akan mulai memperbaiki pola makan kita dengan lebih banyak mengkonsumsi serat? Karena sehat itu berarti komitmen.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags:

Category: Vegetarian

Leave a Reply