Susu Formula yang Tidak membuat Gemuk

| 06/11/2014 | 1 Comment

Susu formula yang Tidak membuat gemuk Pada bayi dan Balita

Ingin mencari susu formula yang tidak membuat gemuk untuk bayi ataupun balita anda? Jenis susu formula yang di berikan khususnya pada bayi sangat berpengaruh terhadap berat badannya. Jadi sebaiknya lebih selektif dan berhati-hati memilih susu formula yang tepat untuk bayi dan balita anda jika tidak bisa memberikan ASI eksklusif pada bayi.

Menurut beberapa penelitian, resiko obesitas dan diabetes pada orang dewasa disebabkan oleh porsi pemberian susu formula ketika mereka masih balita. Menurut Prof Atul Singhal peneliti dari College University London yang di kutip dari liputan6.com menambah berat badan pada bayi diperlukan hanya jika bayi mengalami lahir prematur, untuk penggunaan susu formula yang mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral perlu berhati-hati karena pemberian susu formula berlebih dapat dapat menyebabkan bobot bayi bertambah dengan drastis hal ini disebabkan karena tubuh memproduksi lebih banyak sel lemak.

Adakah Susu formula yang Tidak membuat gemuk pada bayi?

Professor Atul Singhal sangat merekomendasikan Pemberian ASI pada bayi, menurutnya ASI tidak akan membuat bayi kelebihan nutrisi penyebab obesitas, pertambahan berat badan bayi pun lebih perlahan dan terkontrol. Oleh karena itu bayi yang mendapat asupan ASI semasa bayi kemungkinan kecil menderita obesitas saat mereka dewasa kelak.

Seorang profesor peneliti dari Brigham Young University Utah prof. Ben Gibbs bayi yang terbiasa di beri susu formula saat dewasa kelak akan kesulitan untuk mengatur pola makan. Apalagi jika porsi susu formula yang di berikan berlebihan, hal ini dapat meningkatkan resiko obesitas meraka di kemudian hari.

Menurut profesor Gibbs yang di kutip dari tempo.co, sebaiknya tidak memberikan susu formula saat bayi sedang tidur. Karena bayi yang sedang tidur dengan sebotol susu formula, memiliki resiko 30% mengalami obesitas saat mereka berusia 2 tahun. Jadi kelebihan berat badan (obesitas) tidak hanya di pengaruh oleh faktor genetik, tetapi juga juga dari pemberian porsi susu formula saat masih bayi. Jadi tidak ada susu formula yang tidak membuat gemuk tergantung bagaimana ibu memberikan bayi porsi yang tepat.

Bayi yang sehat bukanlah bayi yang terlihat gemuk, menurut dokter anak di Conecticut Dr Cynthia Mann bayi yang normal di lahirkan dengan kecukupan lemak yang ekstra hal ini bertujuan untuk menjaga suhu tubuh bayi tetap hangat. Menurutnya walaupun susu formula dapat menyebabkab obesitas pada bayi, tetapi asupan kalori pada bayi harus tetap di perhatikan dan ASI tetap menjadi makanan yang terbaik untuk bayi karena susu formula lebih lamban memberikan sinyal kenyang pada bayi di banding dengan ASI.

Jenis susu Formula yang Tidak membuat Gemuk

Susu formula yang terbuat dari susu sapi menurut salah seorang peneliti dari Monell chemical senses Philadelpia yaitu Julie Manella tidak banyak mengandung asam amino bebas sehingga lambat dalam memberikan sinyal kenyang terhadap bayi. Menurut Manella susu formula yang menggunakan protein hydrolisat, yang dapat menambah bobot bayi secara normal dibandingkan dengan susu formula yang dapat membuat bobot  bayi bertambah dengan cepat.

Susu formula Batita memiliki lebih banyak kalsium dan zat gizi lainnya, susu Batita sangat baik di berikan pada balita usia 9 bulan sampai 2 tahun yang susah makan agar ia mendapat asupan gizi yang cukup.  Dan untuk anak usia 1 tahun keatas yang berat badannya di bawah normal sebaiknya memilih susu Pediasure karena kandungan nutrisinya lebih banyak.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags: , ,

Category: Parenting

Leave a Reply