Tata Cara Puasa Ramadhan Rasulullah

| 31/05/2015 | 0 Comments

Tata Cara Puasa Ramadhan Rasulullah merupakan contoh yang selalu menjadi panutan oleh seluruh muslim di bagian dunia manapun. Semua orang Islam tahu bahwa contoh dan suri tauladan paling sempurna adalah mengikuti ajaran Rasulullah. Bahkan ahklak manusia yang paling sempurna adalah ahklak Rasulullah SAW, sebagai panutan bagi kita semua.

Tata Cara Puasa Ramadhan Rasulullah yang Patut Di Contoh

Termasuk dalam hal perkara cara berpuasa di bulan ramadhan dan beberapa Puasa Sunah Rasulullah. Dalam Al-Quran telah dijelaskan tentang hukum berpuasa yaitu wajib, dan memiliki keutamaan yang istimewa bagi seluruh muslim. Banyak orang berlomba-lomba memanfaatkan keutamaan bulan ini dengan mencontoh puasa ala Rasulullah, mulai dari bangun, menjalankan puasa hingga tidurnya.

Di awali dengan Niat dan makan Sahur

Niat puasa ramadhan sehari secara lengkap adalah :

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ رَمَضَانَ هَذِهِ السَّنَةِ لِلَّهِ تَعَالَى

Tata Cara Puasa ramadhan rasulullah pertama adalah; Bangun sahur dan meniatkan puasa pada malamnya. Dalam sebuah riwayat menyebutkan bahwa: berpuasa dengan sahur maka malaikat akan mendoakannya, hal ini termaktub dalam hadis riwayat Ahmad.

Hadis riwayat lain menyebutkan bahwa Rasulullah Muhammad SAW bersabda; untuk melakukan sahur sebagai penolong pada saat melakukan puasa di siang hari, serta istirahat di siang hari untuk menolong agar mudah melakukan shalat pada malam hari.

Bersadaqah dengan Membayar Zakat

Poin Tata Cara Puasa Ramadhan yang kedua adalah Bersadaqah. Bersadaqah merupakan hal yang sangat dianjurkan ketika melakukan puasa, apalagi membayar zakat fitrah

Memperbanyak membaca Al-Quran (tadarus)

Banyak membaca Al-Quran. Banyak membaca Al-Quran adalah salah satu amalan yang sebaiknya dilakukan pada saat berpuasa, memperbanyak bertadarus adalah salah satu bagian amalan yang tidak pernah henti-hentinya dilakukan oleh Rasulullah pada saat ramadhan, hal ini diriwayatkan oleh Urwah dari Aisyah (carilah referensi valid).

Segeralah berbuka Jika sudah Waktunya

Niat Puasa ramadhan

Niat Puasa ramadhan

Bacaan doa berbuka puasa ramadhan :

اللهم لك صمت وبك امنت وعلى رزقك أفطرت

Rasulullah SAW selalu menyegerakan berbuka puasa , makan 3 butir kurma dan segelas air kemudian segera berwudhu untuk menunaikan ibadah sholat maghrib yang di lakukan secara berjamaah.

Ibadah Sholat Malam

Sering melakukan ibadah/sholat di malam hari. ibadah malam hari merupakan ibadah yang kontinyu di lakukan oleh Rasulullah, seperti ibadah sholat sunnah tarawih, sering sholat malam seperti tahajud. Namun, untuk sholat tarawih ini dilakukan oleh Rasulullah hanya beberapa hari saja karena dikhawatirkan Sholat ini dianggap suatu kewajiban oleh umatnya

Beri’tikaf pada 10 malam yang terakhir

Beri’tikaf. Rasulullah berhadrat bahwa apabila 10 malam terakhir pada bulan Ramadhan, agar senantiasa melakukan I’tikaf. Hal ini diriwayatkan oleh Aisyah r.a, bahwa Rasulullah biasanya selalu beri’tikaf pada 10 malam terakhir pada bulan ramadhan, selalu hingga Allah menjemput beliau

Berbuat kebajikan dan Menjaga Akhlak Mulia

Berahklak mulia selalu menjaga perkataan , serta bersedekah memberi makanan kepada orang lain yang juga berpuasa. Karena pahala yang di dapatkan akan setara dengan pahala orang yang berpuasa itu sendiri ditambah pahala puasa dirinya sendiri.

Selalu berolahraga

Berolahraga tentu sangat penting walaupun dalam kondisi berpuasa, namun intensitas nya di kurangi. Karena bagi anda yang mempunyai berat badan berlebih , bulan puasa bisa di jadikan momen untuk menurunkan berat badan.

Itulah beberapa malam dan Tata Cara Puasa ramadhan rasulullah yang senantiasa dilakukan oleh beliau semasa hidupnya.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags: , ,

Category: Jual Tas Anak Muslim

Leave a Reply