Tips memilih jurusan Kuliah bagi karyawan

| 12/11/2014 | 0 Comments

Temukan Bakat dan Minat Anda Sebagai Tips Memilih Jurusan Kuliah bagi Karyawan

 

Tips memilih jurusan kuliah bagi karyawan dapat menjadi acuan Anda untuk melanjutkan jenjang pendidikan lebih tinggi lagi. Dengan begitu, masa depan Anda dipastikan akan lebih baik karena semakin tinggi jenjang pendidikan dimiliki seseorang maka semakin besar pula peluang untuk meningkatkan taraf kesejahteraannya. Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini pendidikan menjadi modal utama dalam mencari pekerjaan, terutama di kota besar.

Tidak sedikit perusahaan besar yang merekrut karyawannya dengan persyaratan mutlak minimal berpendidikan tertentu, minimal D3 atau S1. Hal itu menjadikan banyak pelamar yang mengurungkan niatnya melamar. Padahal untuk sebuah keahlian yang dibutuhkan perusahaan tersebut, mereka yang berpendidikan di bawahnya masih mampu bahkan ahli di bidangnya. Sementara itu, banyak karyawan yang sudah diterima bekerja di sebuah perusahaan memutuskan untuk melanjutkan kuliah.

Dengan alasan, untuk memperoleh jenjang karir yang dijanjikan oleh pihak perusahaan. Selain itu, sebagai ancang-ancang atau rencana cadangan untuk berwirausaha atau mencari pekerjaan yang lebih baik lagi. Semua alasan tersebut tidak menjadi kendala, asalkan karyawan yang bersangkutan dapat memilih jurusan kuliah dengan tepat.

 

Tips memilih jurusan kuliah bagi karyawan Berdasarkan Latar Belakang

 

Ketertarikan pada sebuah bidang

Tips memilih jurusan kuliah  berikut ini dapat Anda praktikkan. Anda jangan pernah terjebak oleh sebuah bidang pekerjaan dari profesi yang digeluti saat ini. Hal itu dikarenakan tidak menutup kemungkinan Anda mempunyai keterkaitan pada bidang lain, yang dirasa lebih cocok dengan latar belakang Anda, serta sangat mendukung aktivitas sehari-hari. Jika merasakan itu, tidak ada salahnya Anda memilih jurusan kuliah seperti yang selama ini diimpikan.

Sebagai conoh, seorang karyawan di sebuah perusahaan berada di posisi desain grafis. Namun sebenarnya, dia sangat tertarik pada budang manajemen informatika karena dirasa lebih banyak peluang bekerja setelah lulus. Dengan demikian, dia memilih untuk mengambil jurusan tersebut.

 

Perhatikan bakat Anda

Perlu Anda ketahui bahwa banyak orang yang lulus kuliah dari fakultas atau jurusan tertentu ternyata ijasahnya tidak sesuai dengan bakat yang dimilikinya. Bahkan, pekerjaan dia selama ini menyesuaikan dengan bakatnya, dan bukan ijasahnya. Sebagai contoh, seorang yang telah lulus kuliah di jurusan Teknik Sipil. Ternyata, dia memiliki bakat terpendam yang luasr biasa, yaitu menjadi seorang penulis. Sangat bertolak belakang, bukan? Akhirnya, dia diterima dan sukses menjadi penulis besar bukan karena ijasahnya.

Oleh karena itu, Anda yang ingin melanjutkan kuliah, disarankan untuk memilih jurusan sesuai dengan bakat Anda. Jangan sampai salah memilih jurusan hanya karena permintaan orang tua atau alasan yang lainnya. Pasalnya, masa depan yang menentukan Anda sendiri dan bukan orang lain. Itulah Tips memilih jurusan kuliah bagi karyawan yang perlu mencari bakat terpendam dulu.

 

Pilihlah waktu kuliah yang fleksibel

Tips memilih jurusan kuliah  yang satu ini harus diperhatikan. Jika saat ini Anda masih bekerja dan dalam waktu dekat ingin melanjutkan kuliah di sebuah perguruan tinggi. Sebaiknya, Anda memilih perguruan tinggi yang memiliki waktu berkuliah di sore atau malam hari. Dengan begitu, Anda dapat membagi waktu, yaitu pagi hingga sore hari untuk bekerja di perusahaan. Selanjutnya, sore hingga malam hari dihabiskan waktunya untuk berkuliah.

Memang terasa sangat berat karena hampir seluruh waktu dihabiskan untuk bekerja dan belajar. Namun, Anda harus bersabar karena hal ini berkaitan dengan masa depan. Percayalah, pengorbanan saat ini yang Anda keluarkan akan terbalas dengan sesuatu yang lebih baik di masa depan.

Itulah beberapa Tips memilih jurusan kuliah bagi karyawan  yang bisa Anda pelajari dan praktikkan. Satu hal yang perlu Anda ingat bahwa masa depan yang lebih baik akan datang jika disertai dengan pendidikan yang layak dan pantas.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags: , , ,

Category: Peluang Bisnis

Leave a Reply