Tips memilih Susu formula Untuk anak 1 tahun

| 12/11/2014 | 2 Comments

Tips memilih susu Formula untuk Anak 1 tahun Versi CODEX dan BPOM RI

Perkembangan teknologi dalam pembuatan susu formula untuk bayi dan balita sangat pesat karena itu  tips memilih susu formula untuk anak 1 tahun atau lebih perlu diketahui para orang tua agar kecukupan nutrisi bayi dan balita kita tetap terpenuhi.

Iklan susu formula di televisi dan media cetak sangat gencar dengan berbagai trik marketing para produsen susu formula berlomba-lomba menawarkan produk terbaik mereka dengan melengkapi  komposisi susu formula berbagai zat gizi untuk tumbuh kembang bayi dan balita.

Sebuah badan kesehatan dunia Codex Alimentarius Commission, susu formula yang baik harus mengandung taurin, nukletida dan DHA. Ketiga zat tersebut secara ilmiah telah terbukti aman dan banyak bermanfaat untuk perkembangan bayi dan balita.

Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) RI juga telah membuat aturan tentang komposisi susu formula terutama penambahan kandungan gizi susu formula. Susu Bayi yang baik harus memenuhi rasio atau perbandingan DHA : ARA = 1:2 kandungan Eicosapentaenoic Acid atau EPA dalam susu formula tidak boleh melebihi jumlah DHA. Sumber dari ARA dan DHA yang boleh di gunakan adalah dari ganggang Cryptocodium cohnii dan jamur Mortierella Alpina menurut kepala BPOM RI Dr. H Rubiana Thamrin Akib,MS,Mkes,SpFK (www.pom.go.id).

Tips memilih susu Formula untuk Anak 1 tahun Yang paling Mirip dengan ASI

Biasanya jika usia bayi sudah mencapai 1 tahun Kualitas ASI hanya sekitar 30% memenuhi nutrisi dan gizi balita. Ibu perlu tips memilih susu formula untuk anak 1 tahun agar gizi bayi dan balita tetap terpenuhi, dan susu formula yang paling baik adalah kandungan zat gizi dan komposisinya yang paling mirip dengan ASI. Berikut ini beberapa kriteria memilih susu formula yang baik untuk balita anda selain yang telah di jelaskan diatas:


1.Perhatikan tanggal Kadaluarsanya

Pada kemasan susu formula selalu tercantum tanggal kadaluwarsa susu tersebut, yaitu batas waktu susu formula masih aman untuk di konsumsi. Untuk susu formula yang sudah mendekati tanggal kadaluwarsa sebaiknya tidak di beli.

2.Pastikan kemasan terbungkus dan tersegel Rapi

Jika kemasan sudah rusak, bisa di pastikan susu formula tersebut kandungan gizi nya juga rusak karena terlalu lama kontak dengan udara luar.

3.Susu formula Mengandung zat Besi

Pembentukan sel darah merah atau hemoglobin dalam tubuh sangat di pengaruhi oleh zat besi (Fe). Zat besi juga dapat meningkatkan daya konsentrasi , penambah nafsu makan dan energi pada anak karena karena zat besi melancarkan aliran oksigen ke otak.

4.Kandungan Gizi Lebih Utama

Harga dan merek atau brand susu formula tidak menjamin kualitas susu, susu formula merek terkenal dengan harga mahal belum tentu cocok dengan metabolisme balita anda. Lebih bijak jika orang tua memperhatikan kandungan dan komposisi gizi pada kemasan

Menurut Badan kesehatan dunia WHO susu formula harus dibuat dengan menggunakan air panas minimal bersuhu 70 ° C agar kuman E. Sakazakii mati. Oleh karena itu susu formula yang baik tidak mengandung probiotik karena pada suhu  70° C probitotik akan rusak (Dr.dr Damayanti Rusli Sjarif, SPA(K) ahli Nutrisi RSCM jakarta) jika ingin memberi tambahan probiotik sebaiknya gunakan yogurt.

Untuk bayi dibawah usia 1 tahun jangan diberi susu sapi segar, karena ginjal bayi belum sempurna untuk mencerna protein dan natrium yang terkandung dalam susu sapi segar jadi itulah  tips memilih susu formula untuk anak 1 tahun agar menjadi perhatian para orang tua.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags: , ,

Category: Parenting

Leave a Reply