Tujuan aqiqah dan qurban  

| 26/05/2015 | 0 Comments

Kita sebagai muslim yang taat hendaknya memahami makna serta tujuan aqiqah dan qurban yang kita niatkan semata-mata untuk beribadah kepada Allah SWT. Adapun pengertian aqiqah dan qurban hanya sedikit saja perbedaannnya , aqiqah juga merupakan tindakan untuk berkurban dengan hewan kurban yang di tujukan untuk diri kita sendiri sebagai simbol penebusan jiwa terhadap putra atau putri kita yang telah lahir demikian menurut KH Sholikhin yang kami kutip dari Republika online.co.id.

tujuan aqiqah dan kurban dalam islam

Penyembelihan hewan qurban

Masih menurut beliau  qurban di laksanakan pada hari raya idul adha atau hari raya qurban pada bulan Zulhijjah dan di peruntukkan bagi mereka yang mampu untuk berkurban. Aqiqah juga sebagai sarana untuk mendidik putra dan putri kita agar taat beribadah dan selalu mengingat Allah SWT , bagi orang tua merupakan wujud rasa syukur kepada Allah atas karunia putra-putri yang yang selalu di dambakan.

Tujuan aqiqah dan qurban – Aqiqah dan qurban Mana yang didahulukan?

Apakah bisa  aqiqah dan korban disatukan ? merupakan pertanyaan yang sering di lontarkan kaum muslimin yang ingin melaksanakan aqiqah dan korban serentak dalam satu niat. Karena berbagai alasan misalnya saja dana yang tersedia terbatas , agar lebih menghemat waktu , dan berbagai alasan lainnya.

Memang untuk masalah aqiqah dan qurban bukan hal remeh ,  harus dikaji dan di pahami bagaimana syariat atau hukumnya dalam aturan islam. Dalam hal ini ada dua pendapat tentang aqiqah dan kurban mana dulu atau bisa di jadikan satu. Berikut adalah kedua pendapat ulama tentang pelaksanaan aqiqah dan qurban.

Boleh Menyatukan antara aqiqah dan kurban. Hal ini berdasarkan pendapat para ulama yaitu H. Hasan Basri , Mazhab Hanafy , Moh. Bin Sirin dan riwayat imam ahmad. Dengan alasan tujuan aqiqah dan qurban adalah sama yaitu agar lebih mendekatkan diri kita kepada Allah SWT dengan cara menyembelih hewan kurban.

Tidak di perbolehkan. Para ulama yang sependapat bahwa antara aqiqah dan qurban tidak boleh di satukan diantaranya mazhab syafi’i , mazhab Maliki dengan alasan karena aqiqah dan qurban merupakan dua ibadah yang berbeda dalam hal syariat dan tujuannya.

Jadi jelas bahwa aqiqah dan qurban merupakan dua macam yang berbeda , aqiqah tujuan menyembelih hewan sebagai rasa syukur atas karunia anak dari Allah SWT. Sedangkan qurban penyembelihan hewan kurban pada hari khusus yaitu pada bulan haji atau hari raya idul adha.

Karena niat , syariat dan tujuan kedua ibadah tersebut berbeda maka , harus di jalankan secara terpisah dengan cara atau syariat yang telah di tentukan masing-masing.  Setelah kita sebagai muslim memahami tujuan aqiqah dan qurban semoga kita selalu menjaga diri dari perbuatan tahawun yaitu menganggap remeh/sepele segala urusan dalam agama,  Naudzubillah.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags: , ,

Category: Jual Tas Anak Muslim

Leave a Reply