cara untuk Mengatasi Anak Ngompol Terus 8-12 tahun

| 10/07/2017

3 Langkah Untuk Mengatasi Anak Ngompol Terus Di Tiap Malam

Mengatasi anak ngompol terus nyatanya gampang-gampang susah. Ada yang berhasil lebih cepat, ada yang menunggu waktu cukup lama sampai anak benar-benar dewasa. Lama tidaknya anak berhenti ngompol dipengaruhi oleh berbagai sebab. Ini yang perlu diperhatikan oleh orang tua.

Mengatasi Anak Ngompol Terus

Mengatasi Anak Ngompol Terus

Jangan hanya memaksa dan memarahi anak di tiap kali ngompol. Karena kondisi tersebut sebenarnya masih sangat alamiah atau bawaan anak dari kondisi tubuhnya.

Nah, di sini Anda akan diajak untuk mengenal beberapa penyebab mengapa anak ngompol terus di tiap malamnya, baru kemudian dilanjutkan pada bagaimana solusi penanganannya. Jadi, mari simak ulasannya berikut ini.

Penyebab Anak Sering Mengompol Di Malam Hari

Mengompol merupakan kejadian paling lumrah bagi anak-anak. Dan anak laki-laki memiliki presentasi lebih tinggi dibandingkan anak perempuan.

Normalnya, masa-masa dimana anak biasa ngompol terjadi pada awal kelahiran sampai usia 6-7 tahunan.

Setelah menginjak usia setelahnya, biasanya anak-anak sudah tidak lagi mengompol di atas ranjang. Karena memang kondisi tubuhnya sudah memungkinkan untuk menahan kencing.

Mengenai kenapa anak terbiasa ngompol di atas ranjang, ada beberapa penyebabnya. Diantaranya adalah sebagai berikut ini!

  • Anak belum bisa menahan kencing sepanjang malam
  • Anak tidak terbangun dari tidur ketika kandung kemihnya penuh
  • Selama jam malam, anak menghasilkan urine terlalu banyak
  • Kelainan syaraf yang membuat anak tidak bisa mengontrol kencingnya

Tentunya penyebab ini lebih banyak dialami selain terjadinya infeksi pada saluran kencing dan lain sebagainya. Namun tetap saja, penyebab ini bisa membuat ranjang terus basah di tiap malamnya akibat ompol.

Cara Menangani Anak Yang Terbiasa Ngompol Di Malam Hari

Ada cara termudah untuk mengatasi anak sering ngompol. Setidaknya ada 3 langkah yang perlu dilakukan sekaligus dibiasakan oleh orang tua terhadap anaknya.

Ini berarti kerjasama antara anak dan orang tua sangat diperlukan. Dan kadang ini akan cukup menyusahkan orang tua di awalnya. Tapi hasilnya akan sangat bagus untuk menghilangkan permasalahan ngompol anak di tiap malamnya.

Untuk langkah pertamanya adalah membiasakan anak untuk minum air sebelum tidur. Kemudian ikuti dengan meminta anak agar kencing terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar kantung kemih anak kosong oleh air seni.

Langkah kedua adalah bangunkan anak secara berkala. Yakni membangunkan anak di masa dimana anak biasa ngompol seperti membangunkannya di pukul 12 malam.

Pada masa tersebut, ajaklah anak untuk bangun dan masuk ke kamar mandi untuk membuang air seni.

Membangunkan anak ini berlaku beberapa kali yang mana menjadi kebiasaan anak untuk pipis di celana tanpa disadari saat tertidur.

Kemudian langkah yang ketiga adalah ajari anak untuk menahan kencing beberapa waktu. Tapi jangan sampai terlalu lama.

Perlu diperhatikan kalau cara ketiga ini manfaatnya adalah untuk membiasakan anak dalam mengontrol kencingnya. Kemudian membantu anak dalam melonggarkan kandung kemih.

Yang harus diingat, langkah ini tidak boleh dilakukan terlalu lama di tiap kali mencobanya. Karena jika terlalu lama akan membuat saluran kencing sakit, bahkan bisa menyebabkan permasalahan baru untuk anak.

Intinya, biasakan anak untuk bisa menahan kencing, kemudian biasakan juga untuk buang air seni sebelum tidur dan bangunkan di tiap kali mau kencing di malam hari.

Dengan membiasakan ketiganya, maka Anda akan mendapati ranjang tetap kering di tiap malamnya. Ini menandai kalau Anda sukses dalam mengatasi anak ngompol terus di tiap kali tidur malam.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags: , , ,

Category: Kesehatan

Comments are closed.