Agar Bayi Tidak Susah Buang Air Besar

| 29/09/2015 | 0 Comments

Cara Perawatan Alami Agar Bayi Tidak Susah Buang Air Besar

Adanya masalah dari ketidaklancaran dalam buang air besar ialah salah satu resiko yang disebut dengan istilah konstipasi. Keadaan ini bisa saja dialami oleh siapa saja, termasuk bayi. Dalam usianya yang masih kecil ini, bayi memang belum memiliki pencernaan yang sempurna sehingga harus diberikan perawatan yang benar agar bayi tidak susah buang air besar.

agar bayi tidak susah buang air besar

Tentu saja susah buang air besar pada bayi pada usianya itu membuat sang bayi merasa tak nyaman dan seringkali rewel. Bukan hanya sang bayi yang merasa kesakitan, numun juga sang ibu yang khawatir akan kesehatan buah hati tercinanya. Terlebih buang air besar ialah salah satu proses wajib yang harus dilakukan setiap hari. Bahkan pada usia bayi tersebut dapat melakukan buang air besar lebih dari sekali, inipun untuk pencernaan yang lancar. Namun bilamana sistem pencernaan tersebut bermasalah, maka buang air besar terhambat bahkan bisa lebih dari sehari sang bayi tidak buang air besar.

Menu tepat agar bayi tidak susah buang air besar

Seorang ibu ialah pihak pertama yang bertanggungjawab adanya asupan nutrisi dan apa saja yang dikonsumsi oleh bayi. Yang mana faktor konsumsi ini menjadi salah satu penyebab terbesar pada bayi yang mengalami kelancaran dan ketidaklancaran dalam proses buang air besar. Di kala usia bayi, feses yang dikeluarkan ialah bentuk cair karena hanya mengkonsumsi ASI atau air susu ibu saja.

Meskipun ada pula bayi telah diberikan konsumsi yang lain yakni dari menu yang aman, seperti buah-buah bertekstur lembut. Bahwasannya, seorang bayi haruslah mengkonsumsi ASI terlebih dahulu, setidaknya pada usia penting yakni dari setelah lahir sampai 6 bulan, pada usia tersebut makanan pokoknya ialah dari asupan air susu sang ibu. Usus sang bayi yang masih lemah dan sistem pencernaan yang belum sepenuhnya sempurna ini menjadikan konsumsi yang paling aman ialah ASI bukan yang lain.

Bilapun Anda seorang wanita karir, sebaiknya tetap menjaga asupan ASI sang buah hati demi kesehatannya. Mengalihkan asupan nutrisi dengan susu formula bukanlah solusi yang tepat pada usia kecilnya itu, karena kurangnya asupan ASI dapat menjadikan resiko pencernaan tak lancar. Bilamana penceranaan terganggu, maka dapat membuat sang bayi merasa rewel dan menangis. Sebab, ia merasakan sesuatu yang tak nyaman namun sulit untuk dikeluarkan.

Perawatan mudah agar bayi tidak susah buang air besar

Memperhatikan asupan nutrisi dan konsumsi bayi dengan ASI ialah salah satu perawatan utama dan terbaik. ASI memiliki nutrisi yang lebh serta baik dalam proses pertumbuhan dan juga pencernaanya. ASI dapat dicerna dengan mudah sehingga dapat memperlancar pembuangan feses setiap hari. Memberikan asupan ASI ialah cara paling tepat agar bayi tidak susah buang air besar.

 

Penyebab susah buang air besar pada bayi

Untuk itu, memperhatikan asupan tersebut sangat penting demi masa penguatan dari usus dan kesempurnaan saluran pencernaannya. Setidaknya berikan ASI secara eklusif bukan susu formula. Bilamana air susu ibu tersbeut tak lancar, maka bisa mengkonsumsi suplemen untuk melancarkannya. Sebab, dari ASI itulah yang dibutuhkan untuk sang bayi bukan yang lain.

Merawat sang bayi dengan menjadikannya terus tumbuh dengan cepat dan sehat ialah salah satu dambaan bagi setiap orangtua. Akan tetapi, tujuan tersebut bukan dengan memberikan asupan makanan lain selain ASI pada usianya yang masih kecil. Terlebih pada usia bayi yang memiliki sistem pencernaan masih lemah ini belumdapat mencerna menu lain selain ASI. Untuk itu, menghindari asupan lain selama masa tersebut ialah cara mudah untuk menjaga agar bayi tidak susah buang air besar.

Tags: , , ,

Category: Colostrum Synergy

Leave a Reply

%d bloggers like this: