Bahaya bermain game berlebihan pada anak

| 05/11/2014 | 0 Comments

Mengetahui Bahaya Bermain Game Berlebihan Pada Anak

Bahaya bermain game berlebihan pada anak memang merupakan ancaman serius yang harus diperhatikan. Dengan semakin pesatnya perkembangan game-game konslul seperti PSP, Xbox, Playstation, Nintendo dll, membuat permasalahan ini Nampak semakin serius, orang tua harus tegas membatasi anaknya agar tidak berlebihan saat bermain. Selain itu, Perkembangan teknologi telepon seluler semakin pesat saja akhir-akhir ini.

Saat ini muncul telepon genggam tidak hanya untuk keperluan berkomunikasi saja, tetapi sudah beralih ke fungsi lain yaitu fungsi multimedia seperti bermain games, menonton video, music. Dengan spesifikasi yang semakin canggih, tidak heran jika smartphone sekarang sudah bisa di pasangkan game-game berat berkualitas HD yang tentu saja menarik perhatian anak-anak untuk memainkannya.

Dibalik pesonanya ternyata ada bahaya bermain game berlebihan pada anak. Bahaya ini tidak hanya mempengaruhi aspek psikologis anak, juga mempengaruhi kesehatan fisik si anak. Bahaya bermain game berlebihan ini telah banyak dibahas dimana-mana. Selain itu bermain game berlebihan ternyata juga bisa mempengaruhi aspek kepribadian si anak. Maka dari itu anda sebagai orang tua wajib mengetahui apa bahaya bermain game pada anak.

 

Bahaya bermain game berlebihan pada anak

Telah diulas diatas bahwa bermain game secara berlebihan pada anak ternyata bisa mengganggu perkembangan psikologis dan kesehatan si anak. Kita ketahui pepatah yang menyatakan bahwa sesuatu yang dikerjakan secara berlebihan tidak akan baik. Pepatah ini nampaknya juga berlaku bagi siapa saja yang memainkan game secara berlebihan.  Gangguan kesehatan diantaranya, pertama, gangguan mata.

Menurut salah seorang play trapist bahwa memang game di PC, game konsule, game di Handphone memiliki dampak stimulus yang kuat bagi si anak, stimulus ini ada karena dalam game tersebut pastinya terdapat suara dan gerakan. Hal ini menyebabkan mata anak hanya terfokus pada layar, sehingga akan menimbulkan tracking pada mata, sehingga mengganggu saat membaca.

Kedua, gangguan ini agak jarang terjadi Namun, dengan bermain game secara berlebih, akan membuat anak sangat jarang bergerak, yang akhirnya lemak akan menumpuk dan timbullah obesitas. Ketiga, menurut salah satu penelitian, bahwa jika anak bermain game di smartphone dalam jangka waktu berjam-jam dalam jangka waktu yang lama akan menimbulkan rasa nyeri pada daerah tangan dan pergelangan tangan. Hal ini dikarenakan ada kegiatan berulang-ulang di tangan si anak.

Keempat, bermain game berlebihan juga akan menimbulkan rasa pusing, hal ini disebabkan efek cahaya dari layar smartphone. Kelima, dehidrasi. Hal ini yang dirasa cukup berbahaya, kekurangan cairan karena si anak terlalu focus bermain game bisa menyebabkan anak pingsan, bahkan menyebabkan kematian. Gangguan dari segi psikologis diantaranya Pertama, perubahan sikap pada anak. Anak hanya ingin keinginannya dipenuhi, anak belum bisa memperhatikan akibat resiko dll.

Bahaya bermain game berlebihan pada anak Anak Lebih Agresif dan suka Berbohong

Sebuah kasus membuktikan anak menjadi lebih agresif, dan suka mengamuk saat orang tuanya memaksa anaknya untuk berhenti bermain game. Kedua, anak menjadi malas belajar, karena terlalu fokus ke games. Ketiga, akumulasi sisi emosional jika anak sering kalah dalam bermain. Keempat, cenderung terpengaruhi oleh segi kekerasan yang terkandung dalam games tersebut. Terlebih jika anak memainkan games, tarung, perang, dan game lain yang sejenis.

Kelima, anak menjadi sering berbohong. Anak akan berbohong dengan bilang akan pergi ke rumah teman, nyatanya dia pergi ke warnet untuk bermain game online. Bahaya bermain game berlebihan pada anak lebih parah jika bolos sekolah hanya untuk bermain games.

Tags: , ,

Category: Parenting

Leave a Reply

%d bloggers like this: