Bayi Cegukan setelah Minum Asi

| 26/11/2014 | 2 Comments

Mengenal Lebih Jauh tentang Bayi Cegukan setelah Minum Asi

Ada beberapa hal yang harus diketahui oleh ibu, salah satunya mengenai bayi cegukan setelah minum asi. Terutama bagi ibu yang baru pertama kali memiliki bayi, meerka harus mengenal dan mengetahui beberapa tabiat atau perilaku yang dilakukan oleh bayinya. Hal itu bertujuan agar sang ibu memahami apa yang sebenarnya dialami oleh buah hatinya, normal atau tidak, dan apa solusinya. Oleh karena itu, ibu harus sering membaca dan belajar mengenai seluk beluk bayi. Dengan begitu, sang buah hatinya dapat tumbuh dan berkembang dengan normal. Sementara itu, perilaku bayi cegukan dapat dikategorikan pada perilaku yang normal. Untuk lebih jelasnya, perhatikan uraian singkat di bawah ini.

 

Cegukan bayi yang masih normal

Seorang bayi yang baru saja dilahirkan hingga berumur 7 hari dan mengalami cegukan setelam meminum asi ibunya, itu masih dikatakan normal. Hal itu disebabkan beberapa kandungan makanan atau minuman yang dikonsumsi sang ibu dapat menyebabkan bayi cegukan. Pasalnya, apapun yang dikonsumsi ibu pasti berpengaruh pada air susunya. Misalnya, ibu memakan makanan yang manis-manis, tentu saja asinya juga berasa manis. Oleh karena itu, selama menyusui sebaiknya ibu mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi dan bernutrisi.

Dengan begitu, bayi akan tumbuh dan berkembang dan baik dan normal. Sementara untuk cegukan yang dialami sang bayi, biasanya akan berhenti setelah beberapa saat. Beberapa orang tua hingga berpendapat bahwa cegukan yang dialami bayi berhubungan dengan pertumbuhan dari beberapa organ tubuhnya, sehingga masih dikatakan normal. Agar bayi Anda tidak mengalami cegukan yang berkepanjangan, lakukan diet sehat dengan tidak mengkonsumsi beberapa bahan makanan.

 

Bayi cegukan karena alergi

Bayi cegukan setelah minum asi karena disebabkan oleh alergi beberapa bahan makanan atau minuman yang dikonsumsi oleh ibunya. Bahan-bahan tersebut menjadi satu dalam protein di asi. Bahkan, beberapa kasus bayi yang alergi mengalami cegukan selama 1 hingga 2 jam setiap harinya, setelah meminum asi ibunya. Selain cegukan, bayi tersebut tidak nyenyak tidurnya, hingga mengalami muntah-muntah dan hidung tersumbat.

Beberapa ahli mengatakan bahwa sang ibu harus melakukan diet atau pantangan untuk tidak mengkonsumsi beberapa bahan makanan yang membuat bayi mengalami hal tersebut. Sebaiknya sang ibu dan bayi memeriksakan terlebih dahulu kondisi kesehatan tubuhnya untuk mengetahui pantangan makanan apa saja yang harus dihindari. Dengan begitu, semua gejala yang dialami bayi seperti di atas dapat disembuhkan.

 

Diet pada ibu

Ibu yang sedang menyusui perlu melakukan diet sehat yang bertujuan untuk menghilangkan beberapa gejala menyakitkan yang dialami buah hatinya. Diperlukan waktu diet selama 2 minggu sebagai awalannya. Setelah waktu itu, bisa dilihat apakah ada perkembangan atau tidak. Perlu diketahui oleh para ibu bahwa bayi tetap harus diberikan protein asi saat ibu sedang berdiet. Dengan begitu, tumbuh kembang bayi dapat berjalan dengan optimal. Sebelum melakukan diet, ibu harus berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter spesialis. Hal itu bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti gejala pada bayi yang makin parah atau yang lainnya.

Itulah sedikit tulisan tentang bayi cegukan setelah minum asi, dari faktor penyebabnya, hal-hal apa saja yang harus dilakukan sang ibu, hingga solusi agar ibu melakukan diet sehat. Semoga bermanfaat bagi Anda dan salam sehat selalu.

Tags: ,

Category: Parenting

Leave a Reply