Bayi sering Gumoh dan Cegukan

| 08/11/2014 | 4 Comments

Bayi sering gumoh dan cegukan Kenali Penyebabnya

Apa penyebab bayi sering gumoh dan cegukan? Terkadang ibu suka panik sehabis minum susu, secara tiba-tiba air susu keluar lagi dari mulut bayi anda. Gejala ini di sebut sebagai gumoh dan biasa terjadi pada balita dan bayi setelah minum susu formula atau ASI. Bagi orang tua pemula mungkin akan membuat anda sedikit panik dan bingung mengatasinya, dengan memahami gumoh dan cegukan dengan baik diharapkan ibu bisa dengan tenang mengatasinya.

Apa Penyebab Gumoh Pada bayi ?

Agar ibu tahu perbedaan antara gumoh dan muntah, sepintas keduanya mempunyai kemiripan. Saat bayi sedang gumoh air susu yang di keluarkan dari mulutnya sedikit sekitar 10 ml sedangkan jika bayi ibu muntah susu yang dikeluarkan dari mulutnya akan lebih banyak. Dengan memahami perbedaan keduanya ibu bisa mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasinya.

Gumoh atau gastroesophageal reflux bisa terjadi disebabkan oleh otot bagian perut atas pergerakannya belum sempurna, biasanya terjadi pada bayi yang baru lahir dan akan hilang setelah usianya menjelang 1 tahun. Beberapa penyebab gumoh yang lain yang perlu ibu ketahui adalah:

  1. Bayi ibu menangis berlebihan setelah di susui. Bayi menangis di sebabkan berbagai faktor misalnya ia kepanasan, popoknya basah sehingga ia tidak nyaman.
  2. Kapasitas lambung bayi yang keci. Sementara susu yang masuk ke lambungnya berlebihan, maka terjadilah gumoh untuk mengatasi ini sebaiknya jangan terlalu banyak menyusui bayi anda sedikit-sedikit namun sering tentu lebih baik. Dan setelah selesai menyusui buatlah bayi agar bersendawa dengan menggendongnya di pundak posisi kepalanya di bahu anda sambil menepuk punggungya perlahan.
  3. Belum sempurnanya klep penutup lambung bayi. Setelah bayi di susui sebaiknya jangan langsung di tidurkan, gendong terlebih dahulu dengan posisi tegak. Jika langsung di tidurkan maka susu akan terjadi gumoh hal ini karena klep penutup lambung bayi yang belum sempurna.

 

Cara Mengatasi bayi Sering gumoh dan Cegukan

Gumoh pada bayi bisa diatasi dengan beberapa cara di bawah ini:

  • Menyusui bayi sebelum bayi terlalu lapar. Jika bayi terlalu lapar saat menyusu, ia minum susu dengan sangat cepat sehingga udara ikut masuk tertelan kedalam perutnya.
  • Pakailah dot yang pas dengan mulut bayi jika menyusu dengan botol. Karena jika lubang dot telalu besar membuat aliran susu sangat deras sehingga menyebabkan gumoh dan tersedak.
  • Jangan memakaikan diapers yang terlalu ketat karena akan menekan perut bayi
  • Jika ibu menyusui dengan ASI sebaiknya berhentilah setiap 5 sampai 10 menit agar air susu turun sempurna ke lambungnya.
mengatasi gumoh pada bayi

Posisi Ibu saat mengatasi gumoh pada bayi

Jika bayi anda dengan cara diatas masih saja gumoh secara berlebihan, kemungkinan bayi ibu mengalami alergi terhadap susu sapi. Segera konsultasikan masalah ini dengan dokter spesialis agar mendapat penanganan yang tepat.

Cegukan pada Bayi bahayakah?

tepuk punggung bayi untuk atasi gumoh pada bayi

Tepuk punggung bayi untuk atasi gumoh pada bayi

Saat bayi usianya di bawah satu tahun, masalah cegukan masih sangat sering terjadi. Tapi cegukan bukanlah masalah yang serius dan akan hilang dengan sendirinya, coba atasi cegukan pada bayi anda dengan cara-cara dibawah ini.

  • Minumkan bayi anda dengan air hangat dengan sendok bayi secara perlahan
  • Tenangkan bayi. Cegukan pada bayi bisa timbul karena gerakannaya yang hipearaktif, misalnya saat ia mimun susu karena terlalu lapar. Gosok-gosok dengan lembut punggung bayi agar ia tenang dan merasa nyaman.
  • Berhentilah memberi makanan atau susu saat ia cegukan. Atasi terlebih dahulu cegukan bayi ibu, setelah itu barulah memberi makan atau minum susu bisa dilanjutkan.

Mengenali gejala bayi sering gumoh dan cegukan, membuat ibu lebih tanggap dalam mengambil tindakan yang tepat. Namun segeralah bawa ke dokter jika bayi gumoh atau cegukan tidak hilang dengan menggunakan cara-cara alami diatas.

Tags: , , ,

Category: Parenting

Leave a Reply

%d bloggers like this: