Bolehkah bayi minum kopi mencegah step umur 1 tahun

| 09/02/2019
bayi minum kopi mencegah step
Ilustrasi bayi minum kopi mencegah step

Benarkah memberi bayi minum kopi mencegah step ? terkadang saat orang tua sedang minum kopi, anak balita mereka di beri kopi satu atau dua sendok menurut mereka kopi dapat mencegah step atau kejang-kejang pada anak. Sampai saat ini memberi anak minum kopi seperti sudah menjadi tradisi yang terjadi di sebagian masyarakat. Benarkah?

Tentu saja bagi masyarakat modern hal seperti itu harus di buktikan dengan penelitian ilmiah. Minum kopi memang sudah menjadi kebiasaan sebagian besar masyarakat sebelum memulai aktifitas di pagi hari.

Pada sebagian orang ada yang berhasil, tetapi ada juga yang tidak berpengaruh terhadap step anak. Semua bergantung pada tingkat step yang di derita anak. Faktanya memang kafein memberikan manfaat positif dalam takaran tertentu

Bayi minum kopi mencegah step Mitos atau Fakta?

Sebagian orang tua percaya bahwa memberikan kopi saat anak sedang step atau kejang dapat membantu menyembuhkan step anak. Menurut
Dr. Rifan Fauzie, SpA dokter praktek di RSAB Harapan Kita tidak ada penelitian ilmiah sebelumnya yang membuktikan kebenaran tersebut, jadi menurut beliau anggapan tersebut masih mitos. Justeru memberikan kopi saat anak sedang kejang sangat membahayakan karena saat kejang anak tidak dapat menelan dengan baik.

Saat anak sedang step/ kejang kopi yang di berikan tidak masuk ke dalam pencernaaan atau lambung. Minuman kopi tersebut malah akan masuk ke paru-paru anak yang bisa menyebabkan radang pada paru-paru.

Turunkan Demam Anak saat Kejang

Menurunkan demam anak saat ia mengalami step adalah tindakan yang paling tepat dengan mengompres memakai air yang hangat. Saat demam berikan anak minum air putih sebanyak mungkin agar ia terhidrasi dengan baik. Orang tua juga bisa memberikan obat penurun panas dan demam dan jika suhu badan anak tetap tidak turun dan mencapai 37 hingga
38°C sebaiknya segera bawa ke dokter untk mendapat pertolongan.

Kapan Anak Boleh Minum Kopi?

Kandungan kafein yang terdapat pada kopi beresiko pada kesehatan anak, tidak hanya pada minuman kopi kafein juga terdapat pada minuman energi , soda namun yang tertingi terkandung dalam kopi.

Di dalam alam satu gelas kopi di perkirakan mengandung kafein sebanyak 95 mg. Menurut para ahli batas konsumsi kopi pada anak tidak boleh melebihi 45 mg dalam sehari. Jadi minum satu gelas kopi saja sudah melebihi kadar dosis kafein untuk anak.

Kafein dapat menyebabkan dampak negatif pada anak jika di konsumsi berlebihan karena dapat mengakibatkan hiperaktivitas, insomnia , kecanduan dan terganggunya selera makan.

Berdasarkan resiko diatas sebaiknya anak tidak di biasakan minum kopi dahulu sebelum ia berusia 18 tahun ke atas, perhatikan juga asupan kafein yang terkandung dalam teh dan minuman berenergi lainnya.

Setelah membaca keterangan di atas ternyata memberi bayi minum kopi mencegah step merupakan mitos yang perlu di luruskan.

Category: Program Smart Detox

Comments are closed.

%d bloggers like this: