Cara Mengatasi Hipertensi Di Usia Muda

| 31/07/2014

Cara Mengatasi Hipertensi Di Usia Muda Kenali Gejalanya

Hipertensi atau tekanan darah tinggi sebagian besar di derita oleh orang dewasa yang berusia lebih dari 50 tahun. Tetapi tidak menutup kemungkinan bagi anak muda untuk terkena hipertensi juga. Sebab hipertensi ini tak hanya berkaitan dengan masalah usia tetapi pola hidup.

Kaum muda yang memiliki pola hidup tidak sehat beresiko terkena hipertensi. Nah, lalu bagaimana cara mengatasi hipertensi di usia muda? Cara mengatasi hipertensi di usia muda sesungguhnya tak jauh berbeda dengan cara menyembuhkan hipertensi pada mereka yang berusia lanjut. Kaum muda yang menderita hipertensi harus bisa menjaga diri dan disiplin mengikuti pola hidup sehat.

Cara Mengatasi Hipertensi Di Usia Muda Secara Alami

Salah satu cara mengatasi hipertensi di usia muda adalah dengan menjauhi makanan-makanan yang mengandung kadar garam tinggi, alkohol, dan mengusahakan agar memiliki berat badan ideal. Ketiga hal ini penting dilakukan mengingat kaum muda berada pada usia masa kebebasan termasuk dalam hal makanan. Dengan kesadaran terhadap kesehatan, maka hipertensi pada kaum muda bisa diatasi dengan menghindari ketiga hal tersebut.

Pada kaum muda, melakukan olahraga secara teratur menjadi cara mengatasi hipertensi di usia muda yang efektif. Kegiatan olahraga ini paling tidak dilakukan selama 30 menit setiap hari. Anda bisa memilih olahraga lari, renang atau melakukan berbagai aktivitas yang setara dengan berolahraga. Kegiatan olahraga ini tak hanya membantu menurunkan tekanan darah tinggi tetapi juga membantu memperoleh berat badan ideal.

Stress juga menjadi salah satu penyebab hipertensi. Mungkin sebagian orang beranggapan bahwa kaum muda tak mungkin mengalami stress berat seperti para orang tua. Padahal cukup banyak kaum muda yang mengalami stress hingga mengganggu kesehatan mereka.

Karena itu, jika hipertensi di usia muda disebabkan oleh stress berat maka cara mengatasi hipertensi di usia muda adalah dengan mengelola stress tersebut. Kaum muda perlu berbagi pikiran mengenai masalah yang mereka hadapi agar tidak menjadi pemicu terjadinya hipertensi.

Bahan alami sebagai Cara Mengatasi Hipertensi Di Usia Muda

Selain dengan menerapkan pola hidup sehat, cara mengatasi hipertensi di usia muda bisa dilakukan dengan mengkonsumsi beberapa bahan alami yang tersedia di lingkungan sekitar kita, di antaranya:

1.Timun Aceh

Tanaman sayur ini berbeda dengan timun-timun biasa. Timun Aceh memiliki ukuran yang lebih kecil dengan ukuran kurang dari panjang telapak jari. Timun Aceh ini dipercaya memiliki khasiat menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

2.Brokoli

Cara mengatasi hipertensi di usia muda berikutnya adalah dengan mengkonsumsi brokoli. Brokoli ini bisa dikonsumsi dengan cara dikukus, dikukus dengan lemon atau minyak zaitun, atau dengan cara dimakan mentah. Brokoli ini memiliki kandungan anti oksidan yang berfungsi sebagai anti inflamasi. Brokoli mengandung vitamin C, beragam mineral dan juga kaya akan serat yang bermanfaat untuk pencernaan.

3.Teh Bunga rosella

Teh bunga rosella juga terbukti efektif menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Cara mengatasi hipertensi  dengan teh bunga rosella ini sama efektifnya dengan mengkonsumsi obat-obatan yang biasa diberikan kepada penderita hipertensi.

Sebaiknya konsumsi teh bunga rosella sebanyak tiga cangkir dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Teh bunga rosella ini bisa menjadi pengganti untuk minuman berkafein atau minuman beralkohol yang sebaiknya dihindari oleh para penderita hipertensi.

Nah, beberapa cara mengatasi hipertensi di usia muda di atas sesungguhnya bisa dilakukan oleh siapa saja yang mengalami hipertensi termasuk mereka yang berusia lanjut. Cara mengatasi hipertensi tersebut tidak menggunakan obat-obatan kimia sehingga tidak menimbulkan efek samping ataupun ketergantungan.

Tags: , ,

Category: Kesehatan

Comments are closed.

%d bloggers like this: