Mainan Edukatif Untuk Bayi 0-3 Bulan

| 07/11/2014 | 0 Comments

Memilih Mainan Edukatif Untuk Bayi 0-3 Bulan

Mainan eduktif untuk bayi 0-3 bulan sangatlah penting bagi perkembangan bayi anda mainan edukatif bayi 0-3 bulan ini memiliki manfaat untuk menstimulus atau memberi rangsangan kepada agar perkembangan dan pertumbuhannya bisa lebih optimal. Mainan bermanfaat untuk melatih gerak refleks anak,perkembangan otak si anak, dan berbagai perkembangan lainnya.

Dalam artikel kali ini akan dibahas apa yang harus diperhatikan untuk memilih mainan edukatif untuk bayi 0-3 bulan. Jangan sampai orang tua salah memilih mainan edukatif untuk bayi mereka. Mainan yang dipilih haruslah aman, baik itu dari segi bahannya, steril atau tidak mainan, dan aman atau tidak jika dimainkan bersama anak. Mainan edukatif banyak dijual di berbagai tempat, ada baiknya anda membeli mainan tersebut di tempat yang memang yang menjual khusus perlengkapan anak.

Selain itu, anda juga harus selektif dalam memilih mainan dari sisi kualitasnya. Pilihlah mainan yang sudah terdaftar resmi di badan atau lembaga tertentu yang memang membidangi urusan ini seperti Kementrian Perdagangan, Kementrian kesehatan, dan lembaga lain yang berhubungan.

Mainan Edukatif Untuk Bayi 0-3 Bulan Untuk menstimulasi Kecerdasan

Untuk bayi yang berumur 3 bulan baru ada tiga aktivitas yang bisa dia lakukan yaitu melihat, menoleh, dan mengamati. Hal ini dikarenakan bayi yang masih berumur 0-3 bulan kekuatan leher, kaki dan tangannya masih belum optimal. Sehingga bayi hanya mengandalkan pada dua indranya yaitu pengelihatan dan pendengaran itu pun untuk pendengaran masih terbatas. Jika anda mengajaknya bermain cilukba, maka bayi akan fokus memperhatikan gerakan tangan anda sambil sesekali memancarkan senyuman andalannya yang bisa membuat anda bahagia.

Ada beberapa jenis permainan yang bisa anda coba untuk menstimulasi anak. Pertama,  rattle Saat kerincingan anda goyangkan, si bayi akan focus melihat krincingan tersebut, si bayi akan mencari sumber suara. Kedua, permainan gebuk dram. Memang umur 3 bulan bayo belum mengerti apa-apa. Tapi coba perhatikan saat ibu menyusui anaknya, si anak akan menepuk-nepuk dada si ibu, walau tanpa kekuatan, ini merupakan indikasi bahwa si anak sedang melatih kekuatan tangan sekaligus belajar mengkoordinasikannya. Anda bisa memberikan permainan drum, agar si anak bisa menstimulus perkembangan si anak, terlebih lagi saat si anak menggebuk drum akan keluar bunyi yang akan membuat anak lebih penasaran dan kerap mengulanginya.

Ketiga, bermain bola. Saat anak berusia 3 bulan, dia kerap memasukan apapun kemulutnya, seperti bola karet dll. Ini merupakan langkah awal perkembangan si anak, anda bisa memberikan bola permainan khusus untuk bayi yang pastinya aman bersih dll. Keempat, telepon mainan. Memang bayi belum mengetahui fungsi kegunaan bahkan mengoperasikannya. Tapi yang diharapkan disini adalah stimulus bentuk suara dan cahaya-cahaya lampu dari permainan ini yang dapat membantu perkembangan indera pengelihatan dan indra pendengaran si anak.

Kenali fungsi Mainan Edukatif Untuk Bayi 0-3 Bulan

Setelah anda mengetahui permainan-permainan tersebut, ada baiknya juga anda mengetahui fungsi-fungsi mainan edukatif untuk bayi 0-3 bulan. Pertama, menghibur bayi. Ya fungsi utama permainan adalah untuk menghibur. Permainan tersebut bisa mengusir rasa bosan si bayi, juga berguna sebagai alat untuk mengalihkan perhatian si bayi saat rewel. Kedua, untuk merangsang indera dan mencerdaskan. Pada uur 3 bulan bayi akan belajar mengenai bentuk benda, warna-warna, cara mengkoordinasikan organ tubuhnya serta untuk melatih focus si bayi terhadap suatu objek. Demikian, semoga bermanfaat.

Tags: , , ,

Category: Parenting

Leave a Reply

%d bloggers like this: