Menurunkan Berat badan Berlebih saat Hamil

| 22/12/2014 | 3 Comments

Hindari Terlalu Gemuk  Ikuti Menurunkan Berat badan Berlebih saat Hamil

Cara menurunkan berat badan berlebih saat hamil mutlak diperlukan untuk menghindari kemungkinan  terjadinya keracunan pada kehamilan Anda. Ini sebenarnya merupakan hal yang mudah tapi sering dianggap remeh oleh para ibu hamil . Dengan alasan sebagai kebutuhan bayi yang dikandung , makan yang berlebihan sering dijadikan para ibu yang hamil sebagai sebuah alasan yang harus dimaklumi.

Memang harus diakui banyak ibu  hamil yang mengalami kenaikan nafsu makan pada saat hamil, tetapi tetapi harus Anda ingat bahwa berat badan yang berlebih saat hamil juga kurang baik bagi kesehatan Anda.

Berat Badan berlebih Menyebabkan Keracunan

Sebagai ibu hamil maupun untuk kesehatan janin yang dikandung. Bahaya yang mengintai bagi ibu yang berlebihan berat badannya adalah kemungkinan terserang penyakit gula, sesak nafas sejenis asma hingga kemungkinan terjadinya keracunan kehamilan. Timbulnya komplikasi pada saat  melahirkan  juga dapat menjadi bahaya lain yang mengintai para ibu yang kelebihan berat badan saat hamil.

Bagaimana Menurunkan 1 – 3 Kg/ Minggu Untuk Ibu Hamil

Untuk para ibu hamil  yang mengalami berat badan berlebih , yang ingin menurunkan berat badannya 1 hingga 3 kg per minggunya hingga dicapai berat badan yang ideal, dapat melakukan cara menurunkan berat badan berlebih saat hamil seperti cara di bawah ini :

1.Mengatur pola makan yang seimbang – Dengan cara mengatur pola makan yang seimbang maka berat badan yang ideal  bagi seorang ibu hamil dapat tercapai. Pola makan seimbang meliputi :

  • Jaga Asupan Makan – Hal yang harus Anda ingat adalah sudah ada janin yang berada di dalam perut Anda yang butuh asupan makanan yang bergizi. Jangan makan makanan yang enak tapi tak bergizi. Ingat Andalah yang menjadi penentu gizi bagi janin Anda, sebab hanya dari asupan gizi yang baiklah janin yang tumbuh di rahim Anda akan tumbuh dengan sehat.
  • Makanlah setiap dua hingga empat jam sekali – Hal ini akan membantu makanan yang Anda santap dapat terproses secara sempurna di dalam tubuh Anda. Hal ini juga akan menghindarkan Anda terserang maag, karena kosongnya lambung Anda. Sekalipun Anda mungkin sedang tak berselera, jangan biarkan perut Anda kosong.

2.Konsumsi vitamin dalam jumlah yang cukup – Dengan mengkonsumsi vitamin yang dibutuhkan tubuh dan janin Anda ,maka dapat dipastikan Anda dan janin Anda tak akan pernah mengalami kemungkinan terserang kekurangan vitamin.  Beberapa makanan berikut sangat kaya vitamin

Perbanyak makanan yang banyak mengandung vitamin C seperti brokoli , jus sawi, pepaya , lobak, lemon dan jeruk . Makanan yang banyak mengandung vitamin C dapat menghindari terjadinya kelebihan berat badan saat hamil.

Perbanyak makanan yang banyak mengadung vitamin D sebagai upaya untuk memenuhi kalsium yang sangat penting untuk pertumbuhan tulang janin. Keju dapat menjadi pilihan Anda.

Perbanyak makan ikan salmon, juga baik pada kehamilan ,sebab banyak mengandung ; lemak omega 3 yang baik untuk pertumbuhan otak janin, sekaligus dapat menghindarkan terjadinya pertambahan berat badan saat hamil.

Menurunkan Berat badan Berlebih Setelah Melahirkan Ala Artis Dian Sastro

Anda pasti sudah tidak asing dengan Dian Sastro wardoyo, artis yang namanya terkenal lewat film AADC ini berhasil turunkan berat badannya 12 kg dalam waktu 2 bulan.

Kata Dian Sastro kesuksesannya tersebut berkat rajin berolahraga crosstraining selain rajin mengkonsumsi buah dan sayur. Olahraga crosstraining merupakan gabungan dua jenis olahraga atau lebih dalam satu waktu. Misalnya aerobik dan bersepeda statis, atau jogging pada hari senin-rabu dan berenang pada hari selasa –kamis-sabtu.

Cara menurunkan berat badan berlebih saat Hamil atau pun setelah melahirkan sebaiknya dilakukan dengan menyenangkan dan cara yang sehat jangan sampai membuat anda kelelahan sehingga menggangu kesehatan anda dan bayi.

Tags: , , , , ,

Category: Tips Diet Sehat

Leave a Reply