Pengaruh tontonan Televisi terhadap anak

| 28/10/2014 | 1 Comment

Waspadai Pengaruh tontonan televisi terhadap anak

 

Lingkungan tempat tinggal sangat mempengaruhi proses perkembangan dan perilaku anak yang sedang berkembang mencari identitas dan jati diri. Oleh karena itu pengaruh tontonan televisi terhadap anak besar sekali dampaknya terhadap perilaku mereka sehari-hari dalam proses mencari orang yang bisa dijadikan panutan, kalau yang di contoh itu positif tentu tidak ada masalah tapi bagaimana jika contoh yang negati? Apalagi dengan kemudahan mendapat informasi di era digital baik itu melalui internet maupun media televisi.

Saat ini banyak kejadian yang negatif di kalangan anak remaja pada umumnya seperti tawuran pelajar, hamil di luar nikah, seks di usia dini, merokok, pelecehan seksual dll. Adakah pengaruh tontonan televisi terhadap anak remaja yang pola pikirnya masih rentan di pengaruhi hal-hal negatif?

Pengaruh tontonan televisi terhadap anak – Tanggung Jawab Siapa?

Tontonan televisi turut andil dalam mempengaruhi perilaku dan opini seseorang dalam hal ini anak dan remaja, Oleh karena itu sudah seharusnya stasiun-stasiun TV atau lembaga penyiaran ikut bertanggung jawab menjaga moral , budaya, adab dan susila di kalangan generasi muda dan masyarakat pada umumnya.

Dengan menyajikan tayangan-tayangan yang mendidik dan bermanfaat bagi kehidupan generasi muda, pemerintah melalaui lembaga sensor film atau komisi penyiaran harus benar-benar mengawasi dan mengontrol tayangan-tayangan TV swasta dan memberikan sanksi yang tegas jika di temukan pelanggaran.

Pengaruh televisi Terhadap perkembangan anak Remaja

Bagaimana televisi bisa sangat besar pengaruhnya terhadap perilaku remaja? Sadar atau tidak melalui melalui siaran-siarannya televisi ikut andil menyebarluaskan perilaku kekerasan seperti tawuran pelajar yang di perlihatkan dengan sangat jelas bagaimana setiap pelajar saling serang mempertontonkan senjata yang dipakai  samurai, batu, air keras juga rekonstruksi pembunuhan bagaimana korban di bunuh, di siksa , di mutilasi sangat gamblang dan detil di tayangkan.

Ibarat restoran televisi menyajikan berbagai menu siaran mulai dari sinetron yang penuh pembodohan, gaya hidup mewah selebritis yang mendorong remaja melakukan hal-hal negatif untuk membeli barang-barang mewah , tayangan klenik yang menyesatkan, reality show murahan, lawakan konyol dengan kata-kata kasar yang banyak di tiru anak-anak.

Tetapi di lain sisi Televisi juga sangat bermanfaat dan banyak memberikan pengaruh positif terhadap remaja dan masyarakat. Acara-acara seperti siraman rohani, resep-resep masakan, wisata kuliner, dunia anak , konsultasi kesehatan dll harus terus di pertahankan dan di tingkatkan ratingnya.

Dampak positif televisi bagi anak

Jadi televisi merupakan sosial media yang murah dan paling dekat dengan remaja dan masyarakat selain facebook, twitter dll. Sebagai orang tua peranannya sangat penting dalam mengawasi anak dalam hal ini orang tua mendampingi dan membimbing anak saat menonton acara televisi

Pengaruh tontonan televisi terhadap anak Dan Peran orang Tua

Perilaku dan kepribadian anak sangat di pengaruhi oleh peranan orang tua di rumah, orang tua bertanggung jawab terhadap perkembangan anak termasuk dalam hal mengawasi dan mengontrol pengaruh tontonan televisi terhadap anak mereka. Di bawah ini adalah beberapa tindakan yang perlu dilakukan oleh para orang tua :

  • Memfilter serta memilih acara televisi yang relevan dan sesuai umur anak
  • Mendampingi  dan membimbing  anak saat menonton acara televisi kesukaan anak
  • Anak juga harus diajarkan bersosialisasi dengan lingkungan dan teman sebayanya
  • Membiasakan kebiasaan membaca buku sejak dini agar perhatian anak tidak selalu ke televisi

Jadi pengaruh tontonan televisi terhadap anak sangatlah besar tanpa mengesampingkan dampak positifnya dampak-dampak negatif televisi dapat di minimalisir dengan peran serta berbagai pihak yaitu pemerintah, lembaga penyiaran, masyarakat dan yang paling utama adalah peran orang tua di rumah dalam hal mewaspadai pengaruh televisi terhadap perilaku anak.

Tags: , , ,

Category: Parenting

Leave a Reply

%d bloggers like this: