Roti tawar Gandum untuk Diet

| 07/11/2014 | 5 Comments

Roti tawar gandum untuk diet Rendah Kalori

Roti tawar gandum untuk diet sebenarnya tidak jauh berbeda dengan roti tawar pada umumnya, karena sama-sama terbuat dari gandum. Bedanya roti gandum terbuat dari tepung gandum yang di olah dari biji gandum utuh hanya di buang bagian kulit luar saja. Oleh karena itu roti gandum dari gandum utuh (whole wheat bread) memiliki lebih banyak serat di banding roti tawar putih (white bread) sehingga banyak di gunakan untuk keperluan diet.

Roti Gandum penuh selain mengandung serat tinggi, juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang sedkit lebih tinggi dibandingkan dengan roti tawar putih. Warna coklat pada roti gandum penuh disebabkan oleh lapisan dedak dari gandum yang sengaja di giling tidak sempurna. Jika anda melakukan diet rendah kalori sangat baik menggunakan roti tawar jenis roti gandum penuh karena mengandung kalori yang lebih rendah dari roti tawar putih (femina.co.id).

Roti gandum penuh memiliki tekstur yang lebih kasar dari roti tawar putih, ini karena kandungan seratnya. Yang perlu di perhatikan saat menjalani diet rendah kalori jangan menggunkan topping misalnya butter, margarine, ataupun selai dengan maksud agar rasa roti lebih nikmat. Penambahan topping pada roti justru akan membuat kalorinya lebih tinggi sehingga diet kalori anda bisa saja gagal.

Roti tawar Gandum untuk Diet dan Menurunkan Berat badan

Untuk anda yang sedang menjalani program diet atau penurunan berat badan, sebaiknya jangan terkecoh dengan kata-kata dalam iklan makanan diet seperti sugar FREE, Low Kalori, rendah lemak dll yang biasanya terdapat pada kemasan susu, energy bar, yogurt, sereal, shusi dan jenis makanan diet lainnya. Jika terpengaruh dengan kata-kata tersebut dengan tanpa rasa bersalah anda akan mengkonsumsi makanan-makanan diet tersebut tanpa memperhatikan takaran nutrisi dalam makanan tersebut termasuk juga roti tawar gandum untuk diet anda.

Sebagai menu sarapan dalam program penurunan berat badan, anda harus mulai membiasakan diri dengan mengkonsumsi roti gandum karena rasanya yang tawar. Mengkonsumsi selembar roti gandum saat sarapan pagi, akan membuat kenyang lebih lama hingga makan siang. Roti gandum penuh juga baik di gunakan untuk diet diabetes karena kandungan karobohidratnya tidak terlau tinggi.

Roti gandum penuh sangat baik di konsumsi karena dapat membantu melancarkan pencernaan dan terhindar dari sembelit. Untuk penderita diabetes, kolesterol dan resiko penyakit jantung roti gandum juga baik untuk dikonsumsi. Roti gandum penuh bisa di konsumsi 2 kali sehari sebagai pengganti nasi pada saat makan siang dan makan malam. (solopos.com)

Kelebihan roti Tawar gandum Untuk diet

Walaupun anda sedang menjalani diet, bukan berarti tidak mengkonsumsi karbohidrat sama sekali. Karbohidrat tetap di perlukan agar lemak bisa di bakar lebih maksimal. Dan karbohidrat yang baik untuk diet adalah karbohidrat dari roti gandum utuh selain beras merah, tempe, dan tahu. Berikut ini beberapa keuntungan menggunakan roti gandum untuk asupan karbohidrat:

Lambat di serap oleh usus

Kandungan karbohidrat kompleks pada roti gandum sangat lamban di serap oleh usus dibandingkan dengan penyerapan karbohidrat dari nasi atau roti tawar putih. Hal ini tentu menguntungkan and yang sedang berdiet karena bisa memberi efek kenyang lebih lama.

Dapat membantu supaya tidak ngemil

Efek kenyang lebih lama dari roti gandum bisa membantu anda agar tidak terus-terusan ngemil. Sehingga keinginan untuk ngemil bisa teratasi.

Roti gandum rendah kalori

Selembar roti gandum mempunyai 80 sampai 100 kkal. Cocok untuk yang sedang menjalani diet rendah kalori.

Selain roti gandum tentu anda juga harus memasukkan nutrisi lain sebagai pendamping menu diet. Asupan protein, vitamin dan mineral tetap harus terpenuhi.

Tags: , , ,

Category: Tips Diet Sehat

Leave a Reply

%d bloggers like this: