Tips agar ASI Selalu Melimpah Paling Jitu

| 17/06/2015 | 0 Comments

Tips agar ASI selalu melimpah sangatlah mudah dicari dan didapat. Sejak zaman dahulu masyarakat Indonesia sudah mengonsumsi beragam makanan dan tumbuhan yang sering ada di sekitar kita untuk memperlancar ASI. Dan bahan makanan yang alami akan lebih sehat daripada makanan kalengan yang berpengawet.

Tips agar ASI Selalu Melimpah

Menambah frekuensi menyusui gar ASI elalu Melimpah

Ibu yang habis melahirkan tentunya akan menyusui. Kandungan gizi dalam ASI yang berlimpah ruah ini yang selalu membuat para ibu untuk memberikan ASI ketimbang susu formula bikinan pabrik. ASI yang tidak hanya melimpah namun juga berkualitas tentunya akan sangat mendukung perkembangan bayi Anda  jangan khawatir karena ada cara agar ASI selalu melimpah.

Ada banyak makanan yang dapat Anda konsumsi saat sedang dalam fase menyusui dalam tips agar ASI selalu melimpah. ASI eksklusif sudah menjadi sebuah tren karena gizinya yang sangat banyak. Oleh karena itu, perhatikanlah pola makan Anda agar menghasilkan ASI terbaik untuk buah hati tercinta Anda.

Agar ASI melimpah dan berkualitas  Perbanyak konsumsi Sayuran

Agar ASI melimpah dan berkualitas tak perlu repot. Pertama, Anda harus banyak mengonsumsi beragam sayuran aneka warna seperti bayam, sawi hijau, wortel, brokoli, dan lain-lain. Daun katuk juga sangat baik untuk Anda konsumsi karena dapat memperbanyak dan memperlancar produksi ASI. Di dalamnya terkandung pula vitamin A, C, B1, zat besi, kalium, protein, fosfor, sterol, dan alkaloid.

Kacang-kacangan

Konsumsilah segala jenis kacang-kacangan karena kaya vitamin B1, protein, fosfor, tiamin, mangan, kalium, magnesium, dan asam folat. Kandungan di dalamnya membantu mencukupi kebutuhan protein dan energi bagi ibu.

Konsumsi Buah-buahan

Banyaklah makan aneka jenis buah-buahan , karena buah mengandung vitamin dan antioksidan yang sangat di butuhkan oleh ibu menyusui. Berikut ini buah-buahan yang sangat baik untuk di konsumsi ibu menyusui yaitu Blueberry , jeruk citrus , dab buah alpukat.

Rawat selalu Payudara anda

Sebagian wanita enggan untuk menyusui karena khawatir payudaranya lembek dan tidak menarik lagi. Sebenarnya tidak demikian jika ibu menyusui rajin merawat payudara nya. Caranya mudah sekali pijat-pijat payudara anda sembari di bersihkan dengan air dingin dan air hangat secara bergantian.

Penuhi Kebutuhan Protein

 Anda harus mampu memenuhi kebutuhan protein. Anda dapat memenuhi protein hewani yang berasal dari ikan, daging, telur, ayam maupun nabati yang terkandung dalam kacang-kacangan.

Tingkatkan Frekuensi menyusui , memeras dan Memompa ASI

Kegiatan tersebut mampu membuat produksi ASI melimpah , karena jika bayi jarang di susui maka jumlah produksi ASI akan semakin berkurang. Hal ini biasanya banyak di lakukan oleh ibu yang sibuk bekerja , namun ibu dapat menggunakan alat untuk memompa ASI atau bisa juga memeras ASI sebelum pergi bekerja.

Cukup Berisitirahat

Anda harus istirahat yang cukup. Kondisi ibu setelah melahirkan memang tidak akan pulih langsung setelahnya. Anda juga dapat menenangkan diri dengan cara meditasi, yoga ringan, taichi, ataupun mendengarkan musik khusus agar pikiran tetap tenang. Saat kondisi ibu tenang, ASI akan dapat mengalir lancar. Ibu menyusui juga harus menghindari stress karena faktor kejiwaan ini dapat mengurangi produksi ASI dan tentunya juga berdampak begatif terhadap bayi.

Minum susu khusus ibu menyusui juga diperbolehkan. Namun, mengonsumsi buah dan sayuran tetaplah yang utama, mudah, murah, dan tentunya sehat dalam tips agar asi selalu melimpah.

Tags: , , , ,

Category: Kehamilan

Leave a Reply

%d bloggers like this: